Alasan Rasul Anjurkan Mengkonsumsi Habbatussauda

Alasan Rasul anjurkan mengkonsumsi habbatussauda. Habbatussauda adalah salah satu obay yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam haditsnya Rasulullah SAW. bersabda : “Gunakanlah Al Habbatussauda’, karena didalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut).” (Shahih Bukhori dan Muslim). Jadi, bagi umat muslim mengkonsumsi habbatussauda merupakan anjuran dari Rasulullah SAW, sebab adanya ucapan beliau dengan menjuluki habbatussauda sebagai penyembuh segala macam penyakit. Berikut alasan Rasul anjurkan mengkonsumsi habbatussauda sebagai pengobatan.

Kenali Dahulu Habbatussauda

Habbatussauda berasal dari bunga fennel, dan banyak ditemukan serta tumbuh di beberapa negara di Asia. Selain itu habbatussauda dikenal dengan berbagai nama. Diantaranya adalah black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dan masih banyak lagi. Rempah-rempahan ini berbentuk butiran biji berwarna hitam sudah dikenal sejak 2000-3000 tahun Sebelum Masehi dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat muslim di India, Pakistan, dan Timur Tengah. Namun sayangnya, tidak begitu dikenal oleh muslim Indonesia. Padahal di berbagai negara (di Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia) obat ini sangat populer dikalangan mereka. Apalagi setelah dilakukannya beberapa riset ilmiah mengenai habbatussauda untuk mengungkap kebenaran hadits yang disebutkan diatas tadi.

Faktanya, banyak literatur kuno yang sudah mencatat oleh ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), Al-Biruni (973-1048 M). Dari situ, habbatussauda juga disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Karena Kandungan Habbatussauda

Nutrisi yang terkandung ini disebut-sebut menjadi alasan Rasul anjurkan mengkonsumsi habbatussauda. Nutrisi yang sangat kaya dan beragam tersebut antara lain karbohidrat, protein, lemak (84% asam lemak, termasuk linolenat, dan oleat), 15 asam amino, minyak volatile, alkaloids, saponin, serat kasar, serta vitamin A, B1, B6, C dan E. Habbatussauda juga mengandung mineral penting seperti kalsium, besi, natrium dan kalium.

Secara ilmiah, habbatussauda terbukti mampu mengaktifkan kekebalan secara spesifik. Sebab, tanaman tersebut mampu meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel T penekan, dan sel pembunuh alami. Kandungan aktif yang terdapat pada habbatussauda, adalah thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquinone (THQ), dan thymol (THY).

Karena Manfaatnya yang Beragam

Alasan Rasul anjurkan mengkonsumsi habbatussauda tidak lain karena tanaman tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai manfaat yang dihasilkan oleh habbatussauda akan dijabarkan sebagai berikut.

Untuk mengobati berbagai penyakit seperti :

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Meningkatkan bioaktivitas hormon
  • Menetralkan racun dalam tubuh
  • Mengatasi gangguan ketika tidur dan mengatasi ketika mengalami stress
  • Mencegah adanya tumor, juga bisa sebagai antihistamin dan anti-bakteri
  • Obat bagi luka radang sebab kandungan anti inflamasi yang berguna mengurangi peradangan
  • Mencegah penyakit yang menyerang otak dan bisa memperbaiki sel otak yang rusak
  • Sanggup mengontrol penyakit asma
  • Mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan alergi
  • Mengontrol kolesterol dalam tubuh
  • Mengatasi diabetes

Selain mengobati penyakit juga bisa untuk memelihara anggota tubuh seperti :

  • Mampu mencegah kerontokan rambut, memperkuat rambut, dan juga mencegah munculnya uban
  • Meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui
  • Bagus untuk kesehatan kulit
  • Berguna untuk mengontrol tekanan darah
  • Mengatasi obesitas

Itulah beberapa alasan kenapa rasul menganjurkan untuk mengkonsumsi Habbatussauda. Sebab manfaatnya yang luar biasa berguna untuk pengobatan bahkan kesehatan bagi tubuh. Oleh karena itu, habbatussauda menjadi pilihan bagi produk herbal Habbacov untuk dijadikan komposisi utamanya.

Namun, untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat, tentu disarankan tidak hanya mengkonsumsi herbal dan makanan bernutrisi tinggi. Tetap untuk perbanyak minum air putih, tidur cukup, olahraga teratur, serta kelola stres agar tubuh tetap terpelihara baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *