Amankah Ibu Hamil Minum Habbatussauda? Simak Penjelasan Berikut!

Amankah Ibu Hamil Minum Habbatussauda. Siapa sih yang tidak kenal dengan produk habbatussauda? Tentunya sudah sangat familiar bukan? Habbatussauda saat ini sudah dikenal sebagai obat herbal yang sangat populer. Karena habbatussauda ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Habbatussauda bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain itu, habbatussauda yang merupakan biji hitam ini juga bisa digunakan sebagai bumbu dapur. Biasanya untuk memasak masakan India, orang akan menggunakan jintan hitam ini sebagai bumbu penyedap, pelengkap bahkan juga pengawet secara alami.

Lantas, amankah ibu hamil minum habbatussauda? Nah, berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar habbatussauda apakah aman atau tidak jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Apakah habbatussauda bisa menggugurkan kandungan?

Sebenarnya masih belum terdapat penelitian yang mengatakan aman atau tidaknya habbatussauda ini jika dikonsumsi untuk ibu hamil. Serta juga masih belum ada penelitian apa manfaat dari mengkonsumsi habbatussauda ini untuk ibu hamil. Akan tetapi ada juga sumber yang mengatakan jika habbatussauda ini bisa memberikan nutrisi pada ibu hamil. Sehingga para ahli membuat kesepakatan bahwa habbatussauda tetap aman jika dikonsumsi untuk ibu hamil tetapi harus dalam batas yang wajar. Sehingga selama dalam mengkonsumsi habbatussauda. Jadi, apakah habbatussauda bisa menggugurkan kandungan? Kemungkinan besar bisa, apabila ibu hamil tersebut mengkonsumsi habbatussauda tidak dalam batas wajar. Karena jika ibu hamil mengkonsumsi habbatussauda dalam jumlah yang sangat banyak maka bisa memperlambat atau justru menghentikan kontraksi rahim serta pembekuan darah.

Herbal untuk ibu hamil muda

Banyak herbal yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil muda. Salah satunya herbal habbatussauda ini. Dengan mengkonsumsi habbatussauda maka ibu hamil muda akan mendapatkan tambahan zat gizi yang baik. Hal ini karena di dalam herbal ini terdapat beberapa kandungan yang dapat membantu dalam memelihara daya  tahan tubuh ibu hamil serta janin. Namun, dalam mengkonsumsi herbal ini juga harus sesuai dengan petunjuk dokter agar tidak membahayakan janin yang dikandung.

Manfaat habbatussauda untuk ibu hamil

  • Sumber zat gizi

Habbatussauda dipercaya sebagai sumber zat gizi yang baik untuk ibu hamil. Karena didalamnya terdapat beberapa kandungan yang bisa memelihara daya tahan tubuh sang ibu serta janin.

  • Bisa mengurangi nyeri payudara

Dengan mengolesi minyak habbatussauda di sekitar area payudara, maka rasa nyeri yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil akan reda.

Simak juga : Cara Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

  • Dapat mengurangi risiko bayi terlahir prematur

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, dimana vitamin bisa bertindak dalam mengurangi risiko bayi terlahir prematur. Selain itu, juga bisa menambah nutrisi untuk bayi melalui ASI yang diterima.

  • Membantu dalam memperlancar proses persalinan

Didalam minyak zaitun juga terdapat vitamin K, yang mempunyai potensi tinggi dalam mendukung persalinan yaitu pada saat koagulasi darah. 

  • Dapat membantu untuk perkembangan otak dan jantung pada bayi

Pada saat hamil di trimester terakhir, jika mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur maka akan membantu perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, juga bisa membantu perkembangan jantung yang sehat. Hal ini karena minyak zaitun sangat kaya akan lemak sehat. 

Bolehkah ibu hamil minum propolis?

Selama tidak mempunyai alergi, asma ataupun akan menjalani operasi maka  pada umumnya ibu hamil diperbolehkan minum propolis. Namun, ada dokter yang menyarankan agar berhati- hati karena masih sedikitnya penelitian yang meneliti penggunaan propolis pada hamil. Jadi, akan semakin aman jika ibu hamil menghindari untuk tidak minum propolis.

Nah, itulah informasi  yang bisa kami bagikan seputar amankah ibu hamil minum habbatussauda. Jadi, meskipun  habbatussauda memiliki sejuta manfaat  untuk kesehatan, tetap harus diperhatikan dalam mengkonsumsinya terutama buat ibu hamil. Hal ini agar tidak membahayakan janin yang dikandung.

One thought on “Amankah Ibu Hamil Minum Habbatussauda? Simak Penjelasan Berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *