Beberapa Efek Pasca Kena Covid, Waspada!

Efek pasca kena covid itu nyata. Beberapa orang yang sudah dinyatakan sembuh dari covid mengaku mereka mengalami beberapa perubahan terhadap diri mereka sendiri. Kondisi tubuh mereka tidaklah bisa senormal ketika sebelum terkena covid.

Kondisi tidak normal pasca sembuh dari covid dikenal dengan long covid atau covid kronis. Durasi seseorang mengalami long covid ini berbeda-beda tiap individunya. Ada yang sampai 5 bulan bahkan lebih, hingga 12 bulan.

Efek ini disebabkan oleh respon tubuh terhadap virus yang berlanjut di luar penyakit awal. Berikut beberapa efek pasca kena covid yang masih bisa dirasakan penyintas.

Efek Pasca Terkena Covid

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), berikut efek-efeknya:

  • Sesak napas atau bisa juga napas terasa pendek-pendek
  • Menjadi gampang lelah, terutama ketika setelah banyak beraktivitas
  • Sulit konsentrasi dan fokus
  • Batuk, demam, pusing
  • Sakit pada dada dan kepala
  • Detak jantung cepat atau berdebar-debar
  • Nyeri sendi dan otot
  • Badan terasa ditusuk jarum
  • Gangguan pencernaan seperti diare
  • Gangguan tidur seperti sulit tidur atau tidur terus menerus
  • Terdapat ruam pada kulit
  • Suasana hati jadi lebih muram
  • Indera penciuman hilang
  • Indera perasa terganggu
  • Perubahan siklus haid

Dampak Jangka Panjang Covid

Walaupun sudah dinyatakan sembuh dari covid, bagi seorang penyintas tetap tidak boleh menyepelekan dan mengabaikan resiko terjadinya komplikasi jangka panjang karena diakibatkan virus covid. Contohnya seperti, perkembangan jaringan parut pada organ paru-paru atau fibrosis paru.

Ini tentu akan mengakibatkan paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Bisa diartikan sebagai sebagai kerusakan paru-paru yang tidak bisa disembuhkan. Selain itu juga bisa berdampak pada munculnya berbagai gejala seperti sesak napas. Tidak jarang pula pengidap membutuhkan bantuan oksigen.

Dalam beberapa kondisi, kerusakan pada paru-paru tidak dapat ditangani. Kondisi tersebut diduga sebab respon imun tubuh terhadap virus memicu peradangan yang akhirnya menjadikan pembuluh darah kapiler mengalami pembekuan. Hal itu membuat pengidap harus menjalani transplantasi paru-paru.

Faktanya, ketika seorang pengidap covid yang parah mengalami gangguan pembekuan darah, tubuh terlalu lelah untuk melawannya. Akibatnya peradangan tersebut akan mempengaruhi dinding pembuluh darah dan meningkatkan resiko adanya pembekuan.

Manfaat Herbal Habbatussauda untuk Pemulihan Covid

Terkenal dengan julukan obat segala macam penyakit, habbatussauda terbukti juga bisa ikut andil dalam penyembuhan dan pemulihan bagi penderita covid. Beberapa penelitian menyebut bahwa habbatussauda memiliki potensi sebagai obat terapi terhadap infeksi virus, jadi bisa dipertimbangkan untuk obat terapi covid.

Dalam habbatussauda, terdapat kandungan senyawa aktif utama yaitu thymoquinone yang memiliki aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, antimikroba, dan imunomodulator. Dalam salah satu studi, kandungan habbatussauda yang memiliki aktivitas antivirus inilah yang bekerja untuk menghambat aktivitas virus covid serta menghambat adanya replikasi virus.

Manfaat lain habbatussauda untuk pemulihan covid selain yang dijelaskan di atas antara lain adalah tanaman herbal ini bisa meningkatkan respon imun. Yang mana menjaga kekebalan tubuh atau imun adalah kunci dalam mempertahankan diri terhadap segala jenis virus termasuk covid. Selanjutnya juga bisa mengurangi respon peradangan serta bisa mengurangi efek samping dari konsumsi obat-obatan dari medis.

Aturan Minum Habbatussauda untuk Pemulihan Covid

Habbatussauda dapat diminum untuk penyembuhan covid yang mana juga berperan untuk mengurangi beberapa efek pasca kena covid. Banyak langkah dan aturan yang sudah ada untuk minum habbatussauda ini. Habbatussauda bisa diolah dalam bentuk jamu, suplemen kapsul, dan juga dapat dikonsumsi langsung.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih dan supaya segera pulih dari covid serta efek pasca kena covid, kalian bisa memilih suplemen kapsul yang mengandung ekstrak habbatussauda dan beberapa tanaman herbal lainnya.

Kalian juga tidak perlu khawatir, bahwasannya sudah beredar luas produk herbal yang seperti itu seperti salah satunya produk herbal Habbacov. Produk herbal tersebut memang dikhususkan untuk obat terapi covid dengan kandungan utama habbatussauda di dalam komposisinya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai efek pasca kena covid, bagaimana dampaknya, serta habbatussauda yang bisa menjadi solusi untuk pemulihan covid. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.