Berapa Lama Masa Pemulihan Setelah Covid

Berapa lama masa pemulihan setelah covid? Itu menjadi pertanyaan orang-orang secara umum. Sebetulnya jika dijawab secara gamblang, sembuhnya penyakit pada setiap masing-masing orang itu tergantung pada kondisi tubuh yang mereka miliki. Imun dalam tubuh merekalah yang menentukan seberapa lama sakit yang akan mereka rasakan. 

Selain seberapa bagusnya imun tubuh mereka, juga tentunya ada beberapa elemen yang menunjang mereka untuk sembuh. Bisa dari pola makan mereka, asupan nutrisi mereka, hingga kebiasaan serta pola hidup yang diperbaiki. 

Oleh karena itu, berikut akan diulas mengenai berapa lama masa pemulihan setelah covid secara idealnya serta apa saja yang perlu dilakukan pasca covid.

Berapa Lama Penyembuhan Covid 19

Berapa lama masa pemulihan setelah covid ini ternyata tergantung dengan gejala yang mereka rasakan. Ketika pasien positif covid mengalami gejala ringan atau tanpa gejala, maka perkiraan mereka hanya membutuhkan waktu pemulihan setidaknya selama 14 hari. Sedangkan pasien positif covid yang dengan gejala sedang menuju kritis, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, setidaknya antara 3 sampai 6 minggu masa penyembuhan.

Pasien positif covid setelah melakukan pemulihan selama hari yang ditentukan, untuk mengetahui mereka sembuh atau tidak tentu harus melakukan segala rangkaian tes. Namun sebelum melakukan tes pun juga harus dilihat terlebih dahulu kriteria sembuh pasien positif covid yang diberlakukan di Indonesia. Berikut beberapa kriterianya.

  • Pasien tanpa gejala, akan dinyatakan sembuh dan harus melakukan tes ketika sudah melewati masa isolasi selama 10 hari. 
  • Untuk pasien dengan gejala ringan, akan dinyatakan sembuh dan harus melakukan tes ketika sudah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari + 3 hari tanpa gejala.
  • Untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat, akan dinyatakan sembuh dan harus melakukan tes ketika sudah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala dan 1 kali hasil negatif pada tes PCR.

Akan tetapi ketika pasien masih merasakan gejala dan itu hitungannya lebih dari 10 hari, maka ia harus melewati masa isolasi selama gejala itu masih ada, ditambah 3 hari tanpa gejala.

Herbal untuk Pemulihan Setelah Covid

Setelah mengetahui berapa lama masa pemulihan setelah covid, kalian juga harus paham hal-hal apa saja yang membantu mempercepat pemulihan. Itu tentu harus diketahui dan dilakukan supaya tidak terjadi adanya penambahan hari untuk pemulihan dan supaya segera sembuh dari paparan virus. 

Sebetulnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, tapi yang paling utama yaitu asupan yang dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan pasca covid. Banyak asupan yang perlu dicerna oleh tubuh, terutama yang mengandung mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, hingga mineral tidak boleh ditinggalkan. 

Untuk makanan mungkin bisa disesuaikan dengan selera dan tentunya tetap memperhatikan kandungan yang ada. Tidak boleh terlupa juga untuk mengkonsumsi vitamin yaitu antara lain vitamin C dan D. Kalau masih belum cukup, kalian bisa menunjangnya dengan mengkonsumsi suplemen herbal loh.

Hingga sekarang, masih banyak produk suplemen herbal yang beredar. Yang mana terbukti bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan dari covid. Untuk contohnya pasti kalian tidak asing dengan bahan herbal yang satu itu, yaitu madu. Salah satu herbal yang juga diyakini punya manfaat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah habbatussauda. 

Mengkonsumsi madu dan habbatussauda berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dan juga baik untuk dijadikan terapi tambahan untuk penderita covid. Faktanya, kombinasi madu dan habbatussauda ternyata terbukti efektif mempercepat proses pemulihan pada pasien covid. 

Beberapa produk herbal seperti Habbacov pun akhirnya memunculkan produk. Dimana komposisinya merupakan kombinasi madu dan habbatussauda, serta beberapa bahan herbal lainnya. Oleh karena itu, Hababcov bisa dijadikan sebagai suplemen bahkan obat terapi covid.

Manfaat Habbatussauda untuk Covid 19

Seperti yang sudah disebutkan diatas, habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang efektif mempercepat proses pemulihan pasien covid. Dalam habbatussauda sendiri terdapat bahan aktif yang mana berpotensi sebagai obat inflamasi yaitu thymoquinone

Dalam salah satu studi habbatussauda terbukti memiliki sifat antioksidan yang mana merupakan sifat molekul yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Dengan kata lain, sifat yang dimiliki kandungan habbatussauda bisa melindungi tubuh dari beberapa virus, termasuk virus corona. 

Itu dia beberapa ulasan mengenai berapa lama masa pemulihan setelah covid hingga manfaat herbal untuk pemulihan covid, salah satunya adalah habbatussauda. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.