Cara Menaikkan Imun Saat Isoman

Cara menaikkan imun saat isoman merupakan hal penting agar Anda maupun keluarga segera negatif dari Covid-19. Ada banyak cara yang cukup sederhana untuk dilakukan di rumah, sehingga Anda tidak perlu kesusahan ketika mencobanya. Berikut beberapa cara menaikkan imunitas ketika isolasi mandiri.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan tubuh merupakan alternatif terbaik untuk mengisi waktu isoman dan bisa segera sembuh. Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan imunitas tubuh? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Saat menjalani isoman disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap. Orang yang sedang menjalani isoman harus mengutamakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, antioksidan, protein, dan mineral.

Jenis makanan sehat yang bisa dipilih, yaitu sayur, telur, kacang-kacangan, buah, ikan, biji-bijian, serta susu. Selain itu, konsumsi juga produk olahan susu dan seafood karena efektif untuk membuat daya tahan tubuh semakin kuat.

Beristirahat dengan Cukup

Berikutnya, Anda harus memanfaatkan waktu isoman untuk beristirahat dengan cukup karena kualitas tidur memiliki pengaruh pada imunitas tubuh. Gunakan waktu isoman untuk tidur yang nyenyak dengan waktu cukup agar imunitas tubuh meningkat.

Biasanya, jam tidur yang dibutuhkan ini disesuaikan dengan tingkat usia Anda dan kondisi tubuh. Umumnya anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8 sampai 10 jam per hari. Sementara orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 9 jam per hari.

Berolahraga Secara Teratur

Cara menaikkan imun saat isoman selanjutnya, yaitu berolahraga secara teratur di dalam rumah atau tempat isolasi. Anda bisa menyempatkan waktu selama 30 menit untuk melakukan olahraga ringan selama 3 hingga 5 kali dalam satu minggu.

Olahraga ketika isoman bermanfaat untuk meningkatkan reaksi imun, sehingga tubuh bisa melawan infeksi. Jenis olahraga yang bisa dilakukan ketika isoman antara lain adalah stretching, yoga, dan aerobik.

Berjemur

Selama isoman sempatkan waktu untuk berjemur di pagi hari ketika sinar matahari sudah mulai cerah. Berjemur akan membantu produksi vitamin D di dalam tubuh yang bisa mempengaruhi imunitas, sehingga Anda bisa segera pulih.

Setidaknya Anda harus berjemur selama 10 sampai 15 menit sebagai rutinitas 3 kali dalam satu minggu. Waktu yang paling bagus dan disarankan untuk berjemur, yaitu pagi hari pukul 09.00 sampai 10.00.

Mengkonsumsi Suplemen

Satu lagi cara yang bisa digunakan, yaitu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Anda bisa mengonsumsi suplemen herbal maupun resep dari dokter asalkan kandungan nutrisi di dalamnya kompleks.

Herbal untuk Imun Tubuh

Cara menaikkan imun saat isoman selanjutnya, yaitu mengkonsumsi herbal yang kaya akan manfaat. Salah satu herbal terbaik yang disarankan untuk dikonsumsi rutin ketika isoman, yaitu habbatussauda. Herbal yang satu ini mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh selama isoman.

Hal ini karena habbatussauda kaya akan kandungan anti-inflamasi, anti-parasit, antibakteri, dan anti-jamur. Kandungan yang lengkap tersebut juga cukup bagus untuk memperbaiki fungsi organ tubuh saat Anda sedang isoman.

Aturan Minum Herbal untuk Imun

Anda bisa mengkonsumsi habbatussauda selama 3 kali dalam sehari secara rutin, yaitu pagi, siang, dan malam. Apabila habbatussauda yang dimiliki ini dalam bentuk biji, maka bisa merebusnya terlebih dahulu dengan air mendidih.

Beberapa cara menaikkan imun saat isoman tersebut bisa dicoba guna menunjang kesembuhan Anda. Lakukan cara tersebut dengan teratur, sehingga imunitas tubuh bisa segera meningkat agar tidak rentan terserang penyakit dan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.