Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Herbal

Ada banyak cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal terutama di masa perubahan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan bahan herbal dalam meningkatkan sistem imun tubuh? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Efektif untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Menggunakan Jamu Herbal

Olahan herbal menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan diyakini hingga saat ini. Anda bisa menggunakan banyak alternatif cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal sesuai dengan bahan yang disukai, seperti habbatussauda misalnya. Simak penjelasan berikut.

Obat Tradisional untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal yang pertama adalah menggunakan obat tradisional. Bahan untuk membuat obat tradisional ini biasanya mudah ditemukan di dapur dan cukup efektif. Berikut referensi bahan obat tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imun.

  1. Bawang Putih

Bahan pertama yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah bawang putih. Meskipun umumnya bawang putih digunakan sebagai bahan masakan, tetapi ternyata bahan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung allicin.

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal adalah dengan mengunyahnya secara langsung atau dihancurkan terlebih dahulu. Manfaat kandungan senyawa yang ada dalam bawang putih adalah untuk membuat peradangan pada tubuh merasa lebih ringan.

Selain itu, bawang putih akan mengurangi kadar sitokin agar tubuh bisa memberikan respons maksimal dalam melawan virus yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan. Selain itu, bawang putih juga bisa memproduksi makrofag untuk memberantas kuman yang menjadi sumber penyakit.

  1. Daun Kelor

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal selanjutnya adalah menggunakan daun kelor yang umumnya dijadikan sebagai sup. Daun kelor juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang diolah dengan cara dijadikan sebagai bubuk.

Kandungan nutrisi yang ada di daun kelor bermanfaat untuk membasmi bakteri, virus, dan jamur dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandung asam amino yang berfungsi untuk mengurangi mikroorganisme berbahaya di dalam tubuh.

Tanaman herbal yang satu ini juga bisa bekerja secara aktif untuk mengurangi radang di dalam sel kekebalan tubuh. Daun kelor bisa membantu Anda untuk mengurangi peradangan kronis, penyakit, serta kelainan yang berkaitan dengan imunitas tubuh.

  1. Echinacea

Echinacea merupakan alternatif cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal selanjutnya yang cukup efektif. Tanaman ini bisa bertindak sebagai imunostimulan yang dapat membantu meningkatkan kinerja dari sistem imun dalam tubuh.

Tumbuhan echinacea ini akan membuat proses fagositosis kembali aktif guna melawan bakteri, virus, dan zat asing agar infeksi bisa terhalau dengan baik. Mengkonsumsi echinacea juga efektif untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih agar bisa memberantas racun.

Fungsi lain dari tanaman ini adalah merangsang sel fibroblas yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi elastin dan kolagen dalam kulit. Fungsi dari kedua nutrisi tersebut adalah membantu penyembuhan luka supaya prosesnya bisa lebih cepat.

  1. Ginseng

Tanaman herbal berikutnya yang bisa digunakan untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh adalah Gingseng. Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal ini akan membantu memulihkan tubuh secara efektif.

Hal ini karena kandungan nutrisi dan senyawa yang ada di dalam tumbuhan ini sangat kompleks. Salah satu kandungan nutrisi Ginseng yang berguna untuk memberantas infeksi adalah sel T. Selain itu, sel T juga bisa bermanfaat untuk mengurangi reaksi berlebih dari sistem imun terhadap zat berbahaya.

Kandungan lain yang ada di gingseng adalah sel B untuk menghasilkan antibodi guna melawan virus dan bakteri. Tanaman ini memang memiliki fungsi sangat penting dalam membantu memperbaiki sistem imun tubuh yang bermanfaat untuk melawan infeksi.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman berikutnya yang bisa dijadikan sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal. Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit untuk menjaga sistem kekebalan di dalam tubuh dan meningkatkan antibodi.

Tanaman ini juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk melawan penyebaran virus dan bakteri di dalam tubuh. Sel T yang dihasilkan oleh kunyit berguna untuk mengurangi reaksi berlebihan yang diberikan oleh tubuh ketika ada zat berbahaya.

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengurangi efek bakteri jahat yang dapat mengakibatkan gangguan perawatan. Hal ini sangat penting karena jika kondisi saluran pencernaan tidak baik akan berpengaruh pada sistem tubuh yang akan semakin lemah.

  1. Meniran

Cara meningkatkan imunitas dengan herbal selanjutnya adalah memanfaatkan tanaman meniran yang memang sudah dikenal sebagai obat tradisional. Tanaman ini berguna untuk meminimalisir pelepasan sitokin, sehingga peradangan pada tubuh bisa berkurang.

Meniran juga berfungsi meningkatkan kandungan sel darah putih secara aktif untuk melawan virus dan bakteri. Kandungan senyawa yang ada di meniran ini berguna untuk membantu produksi enzim untuk bisa tetap terkendali dan mencegah gangguan penyakit autoimun.

Jamu untuk Kekebalan Tubuh

Cara meningkatan imunitas tubuh dengan herbal adalah menggunakan jamu untuk menjaga kekebalan tubuh. Ada beberapa jenis jamu tradisional yang bisa digunakan untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu antara lain sebagai berikut.

  1. Jamu Beras Kencur

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal yang pertama adalah menggunakan jamu beras kencur. Sebenarnya manfaat utama dari jamu ini adalah membantu mengatasi rasa mual, perut kembung, dan nyeri di tubuh.

Akan tetapi, ternyata jamu herbal yang satu ini memiliki fungsi putih dalam sistem kekebalan tubuh, terutama dalam meningkatkan energi. Jamu beras kencur juga bisa meringankan batuk dan mengatasi rasa lelah.

Jamu ini sering dijadikan sebagai alternatif obat alami yang bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini dipercaya memiliki kaitan dengan sistem imun, sebab jika nafsu makan Anda baik akan membuat tubuh lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit.

  1. Jamu Brotowali

Jamu brotowali adalah cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal yang cukup efektif tetapi sering tidak disukai. Hal ini karena rasa brotowali yang dominan terasa sangat pahit, sehingga banyak orang tidak betah ketika meminumnya.

Padahal brotowali memiliki cukup banyak kandungan senyawa aktif yang bisa membantu mengatasi permasalahan di dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi brotowali juga efektif untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

Akan tetapi, Anda tetap harus membatasi konsumsi brotowali dan jangan sampai berlebihan bahkan ketagihan dengan jamu ini. Hal ini karena mengkonsumsi brotowali secara berlebih adalah bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal dan hati.

  1. Jamu Kunyit Asam

Sesuai namanya, jamu yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal ini terbuat dari campuran kunyit dan asam. Manfaat dari jamu kunyit asam sendiri adalah untuk menetralisir kandungan racun yang akan di dalam tubuh.

Selanjutnya, jamu kunyit asam juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk membuat kulit terlihat lebih cerah. Anda juga mengurangi racun di dalam tubuh dengan ramuan jamu tradisional yang satu ini.

  1. Jamu Temulawak

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal lainnya, yaitu mengkonsumsi jamu temulawak. Salah satu bahan tradisional ini memang sudah sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam produksi minuman berenergi.

Mengkonsumsi jamu temulawak berguna untuk memperbaiki metabolisme lemak dalam tubuh serta membuat nafsu makan bertambah. Jamu herbal yang satu ini akan membantu imun tubuh menjadi lebih kuat lagi, sehingga bisa lebih tahan dari paparan berbagai penyakit.

Cara Membuat Jamu untuk Kekebalan Tubuh

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal melalui jamu cukup efektif karena ramuannya sudah sangat dipercaya. Bahkan, ada beberapa jenis jamu yang bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah karena bahannya cukup sederhana. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Resep Kunyit

Resep jamu dari bahan kunyit merupakan alternatif cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal yang pertama. Bahan yang dibutuhkan antara lain kunyit 1 ruas jari, jeruk nipis, gula merah, air, dan lengkuas.

Caranya, cuci dulu semua bahannya hingga bersih, lalu geprek lengkuas dan kunyit. Selanjutnya, rebus air putih sampai mendidih dan masukkan semua bahan. Anda hanya perlu menunggu hingga jamu tersebut mendidih dengan sempurna untuk mematikan kompor dan menyaring ramuan ini.

  1. Resep kencur

Bahan yang digunakan untuk membuat jamu tradisional olahan kencur antara lain kencur, beras, gula aren, dan pandan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyangrai beras terlebih dahulu agar warnanya berubah menjadi kekuningan.

Selanjutnya, Anda bisa menghaluskan kencur, beras, dan gula hingga menjadi bubuk. Lalu, masukkan semua bahan tersebut ke dalam air dan rebus hingga mendidih. Terakhir, saring cairan agar tidak ada ampas yang akan mengganggu ketika meminumnya. Jamu herbal ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari.

  1. Resep Bawang Putih Tunggal

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal menggunakan ramuan bawang putih tunggal sangat mudah karena bahannya sederhana. Untuk membuat ramuan tersebut Anda hanya membutuhkan madu secukupnya, segelas air putih hangat, dan 2 siung bawang putih.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bawang putih memarkan. Lalu, campur ke dalam air hangat dan tambahkan madu agar ada rasa manis di ramuan tersebut. setelah itu Anda bisa langsung meminumnya.

  1. Resep Jahe

Bahan resep jahe sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan jahe, kayu manis, air, gula merah, dan jeruk nipis. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mencuci semua bahan dengan bersih dan menggeprek jahe merah.

Selanjutnya, rebus air hingga menghasilkan uap dan masukkan semua bahan. Jangan lupa untuk mengecilkan api agar bahan tersebut bisa mendidih dengan sempurna. Terakhir, saring semua bahan dan tunggu hingga dingin untuk bisa meminumnya.

Habbatussauda untuk Meningkatkan Imunitas

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal lainnya bisa dilakukan menggunakan bantuan tanaman habbatussauda. Habbatussauda untuk imunitas memang sudah dikenal sejak lama.ย  Selain sebagai herbal yang bisa meningkatkan imunitas, tanaman ini juga kaya akan manfaat lainnya. Simak penjelasan dibawah ini mengenai manfaat habbatussauda.

  1. Sebagai Antioksidan

Manfaat pertama yang akan didapatkan dari tanaman habbatussauda adalah kandungan antioksidan di dalamnya. Manfaat dari kandungan antioksidan sendiri bagi tubuh adalah melawan reaksi stress yang bisa membuat sistem imun melemah.

Zat ini akan bekerja saat jumlah radikal bebas didalam tubuh terlalu tinggi yang membuat kerusakan DNA, jaringan, dan lemak. Apabila hal tersebut terjadi, maka tubuh Anda akan lebih rentan terserang penyakit, sehingga membutuhkan peranan dari antioksidan.

Mengkonsumsi habbatussauda akan membantu membuat radikal bebas didalam tubuh bisa stabil dan tidak mendominasi. Tanaman ini kemudian membentuk sistem pertahanan dalam tubuh yang membuatnya tidak rentan terserang penyakit.

  1. Mengurangi Alergi dan Meredakan Inflamasi

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal habbatussauda cukup efektif karena tanaman ini memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya. Kandungan tersebut berguna untuk mengurangi radang pada penderita asma.

Selain itu, habbatussauda akan mengurangi frekuensi serangan asma, sehingga penyakit ini tidak akan mudah kambuh. Habbatussauda juga memiliki kandungan Nigellone yang mampu meningkatkan fungsi paru-paru.

Apabila sistem pernafasan kembali sehat karena efek asma yang sudah berkurang, maka kondisi imunitas tubuh juga akan menjadi lebih baik. Sebab, tubuh menjadi lebih kebal dan tidak mudah terserang penyakit lainnya.

  1. Melawan Diabetes

Menggunakan cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal ternyata bisa sekaligus bermanfaat untuk melawan diabetes. Hal ini bisa didapatkan karena pada tanaman habbatussauda memiliki L-carnitine yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat.

Dari pengujian yang sudah dilakukan bisa disimpulkan bahwa habbatussauda memiliki kemampuan untuk membuat peningkatan glukosa darah menjadi menurun secara signifikan. Tanaman ini memiliki kemampuan yang baik dalam menurunkan kadar diabetes secara signifikan.

Selanjutnya, haabbtassuda akan membuat sistem peredaran darah di dalam tubuh akan kembali lancar. akibat aliran darah yang baik ini tubuh akan terasa lebih ringan dan tidak rentan terserang berbagai penyakit yang mengganggu sistem imun.

  1. Imunomodulator

Habbatussauda efektif sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal karena bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Fungsi tersebut berkaitan dengan kemampuan habbatussauda dalam membuat fungsi seldan kinerja sistem imun di dalam tubuh menjadi optimal.

Kandungan di dalam tanaman ini membuatnya mampu untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang memiliki fungsi penting dalam peningkatan kekebalan tubuh. Habbatussauda mempunyai kemampuan mengoptimalkan sistem imun yang bisa merusak sel kanker.

Tanaman ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita kanker, alergi, autoimun, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan sistem imun. Kandungan nutrisi yang ada di habbatussaudah memang terbilang sangat lengkap jika dibandingkan dengan zat lainnya.

  1. Mencegah Kanker

Habbatussauda juga memiliki kemampuan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tanaman ini memiliki sifat anti kanker yang membuatnya dipercaya mampu menyembuhkan penyakit yang menyerang salah satu anggota tubuh tersebut.

Kandungan thymoquinone di dalam habbatussauda juga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi ukuran tumor ganas. Kedua penyakit tersebut bisa bertambah ringan apabila Anda rajin mengkonsumsi habbatussauda dengan aturan yang pas.

  1. Melawan Infeksi

Habbatussauda merupakan cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal yang ampuh karena bisa membantu melawan infeksi. Tanaman ini memang memiliki kandungan sangat lengkap yang membuat pertumbuhan virus, bakteri, jamur, dan parasit di dalam tubuh menjadi terhambat.

Anda bisa menggunakan habbatussauda untuk membasmi virus yang menyebabkan flu dan HIV, dan hapatitis C. Melalui bantuan tanamanan ini tekanan darah dan kadar gula di dalam tubuh akan kembali stabil. Selain itu, habbatussauda bisa membantu membuat gejala sindrom metabolik peralahan reda.

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan herbal manakah yang ingin Anda gunakan? Banyak sekali pilihan cara untuk meningkatkan kekebalan sistem imun dan memiliki efek positif bagi tubuh. Menggunakan ramuan herbal merupakan salah satu cara terbaik dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.