Cara Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

cara menjaga kesehatan di musim pancaroba – Kesehatan tubuh dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Salah satu yang memengaruhi adalah lingkungan dan musim, yang mana jika terjadi pergantian maka tubuh perlu beradaptasi.

Penting Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Ketika terjadi peralihan dari musim hujan ke musim kemarau maupun sebaliknya, cuaca menjadi tidak bersahabat bagi tubuh.  Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk tau cara menjaga kesehatan di musim pancaroba

Baca juga : Efek Samping Kebiasaaan begadang

  • Apa yang Dimaksud dengan Musim Pancaroba

Pasti istilah musim pancaroba sudah sangat familiar di telinga masyarakat, namun apa Anda sudah paham betul musim apa itu? Musim pancaroba adalah kondisi cuaca yang ekstrim yang terlalu digin maupun panas dan cepat sekali mengalami perubahan. Cuaca ini akan menurunkan daya tahan tubuh, maka perlu menjaga kesehatan dengan ekstra.

  • Cara yang Tepat Dalam Menjaga Kesehatan di Masa Pancaroba

Ketika masa musim pancaroba, penyakit flu, sesak nafas, gangguan pencernaan, dehidrasi, dan panas dalam akan mudah menyerang. Cara menjaga kesehatan di musim pancaroba supaya tidak terserang penyakit di atas adalah dengan menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, tidur yang cukup, selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri, serta rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

  • Vitamin Untuk Musim Pancaroba

Cara menjaga kesehatan di musim pancaroba kuncinya adalah memperkuat daya tahan tubuh. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi vitamin. Jenis vitamin dan mineral yang direkomendasikan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah vitamin C, zat besi, vitamin B6, serta madu. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut dari makanan maupun suplemen. Apabila Anda merasa asupan gizi vitamin tidak tercukupi dari makanan maka suplemen bisa dijadikan sebagai alternative.

  • Makanan Untuk Musim Pancaroba

Makanan adalah sumber gizi, tentu saja makanan juga berpengaruh besar dalam kesehatan tubuh. Karena kandungan gizi baik dalam makanan akan membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas dan memasok energy tubuh. Ketika musim pancaroba datang, Anda memerlukan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, supaya bisa membuat imun lebih kebal. Selain itu makanan juga adalah cara menjaga kesehatan di musim pancaroba yang paling aman. Lalu makanan apa saja yang direkomendasikan?

Makanan pertama ada cokelat hitan yang mengandung antioksidan berupa theobromine, kemudian ada kunyit yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu Anda bisa juga konsumsi ikam berminyak yang mana kaya akan asam lemak omega-3. Brokoli kaya akan vitamin C dan ubi jalar yang kaya beta-karoten juga bisa menjadi pilihan Anda. Bayam juga mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dan jangan lupakan jahe dengan sifat anti inflamasi dan kandungan antioksidannya. Berbagai bahan makanan ini bisa Anda masak dan olah sebagai cara menjaga kesehatan di masa pancaroba.

  • Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Anak-anak memang perlu dijaga kesehatannya ketika musim pancaroba dating, karena mereka dimasa yang masih sangat aktif bergerak, jadi risiko terserang penyakit lebih tinggi. Cara menjaga kesehatan di musim pancaroba bagi anak adalah dengan membiasakan anak-anak mencuci tangan, pastikan waktu tidur anak cukup, biarkan anak tetap aktif dalam hal positif untuk menjaga stamina, menjaga kebersihan, barikan makanan dengan gizi seimbang pada anak.

  • Antisipasi Musim Pancaroba

Sebagai masyarakat yang tinggal di Negara beriklim tropis, musim pancaroba memang sudah menjadi langganan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan antisipasi apabila musim ini dating, supaya tidak terserang penyakit. Ketika cuaca sudah tidak enentu yang mana menjadi gejala musim ini, maka Anda perlu ekstra menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Yang penting perlu menjaga pola makan dan mengatur asupan gizi sebagai cara menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi dan pancaroba.

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *