Cara Menjaga Kesehatan Saat Isolasi Mandiri

Cara Menjaga Kesehatan Saat Isolasi Mandiri – Pandemi covid 19 sampai saat ini selesai, sehingga sangat dianjurkan kepada masyarakat agar tetap berada di dalam rumah. Boleh saja keluar jika ada keperluan yang sangat mendesak. Apalagi bagi seseorang yang sudah dinyatakan positif covid 19, pastinya harus melakukan isolasi Mandiri dan tetap menjaga kesehatan. Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang mengalami gejala covid 19, dengan melakukan instalasi Mandiri dapat meminimalisir terjadinya penularan. 

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan saat isolasi mandiri? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti halnya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, mengimbangi dengan olahraga yang cukup dan istirahat. Nah, untuk lebih jelasnya terkait bagaimana menjaga kesehatan saat isolasi mandiri, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Bugar Saat Positif Covid 19

Saat dinyatakan positif covid 19, sistem kekebalan tubuh akan mudah menurun. Nah, maka dari itu penting sekali untuk menjaga kebugaran tubuh dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Istirahat yang Cukup

Tips pertama yang harus diperhatikan agar tetap bugar saat positif 19 yaitu dengan memperhatikan istirahat. Setidaknya jika anda tetap melakukan pekerjaannya dari rumah, alangkah baiknya jika mengambil jeda untuk istirahat. Selain istirahat, Anda juga bisa mengisi waktu luang tersebut dengan jalan-jalan mengelilingi rumah. Dengan kebiasaan tersebut sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat dan cepat sembuh dari covid-19.

  • Latihan Kekuatan 

Nah, cara menjaga kesehatan saat isolasi mandiri yang selanjutnya yaitu dengan latihan kekuatan. Ada beberapa latihan kekuatan yang bisa dilakukan dari rumah seperti halnya sit up dan press up. Yang mana latihan kekuatan ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk tetap menjaga keseimbangan energi pastikan jika tetap meluangkan untuk beristirahat. 

  • Tetap Terhubung dengan Keluarga 

Meskipun dinyatakan positif covid 19 dan harus melakukan isolasi mandiri, pastikan jika anda tetap terhubung dengan keluarga. Hal ini bertujuan agar perasaan tetap tenang dan dapat meningkatkan imunitas. Cara ini juga dapat membuat seseorang yang positif covid 19 tidak merasa sendirian.

  • Lakukan Saja Sesuatu

Meskipun sedang sakit, pastikan jika tubuh tetap aktif seperti halnya melakukan beberapa pekerjaan rumah, berolahraga atau melakukan hal-hal lain yang menjadi kesukaan. Namun pastikan tetap berada dalam rumah agar meminimalisir terjadinya penularan.  

Olahraga Saat Isolasi Mandiri

Selain menjaga pola istirahat, cara menjaga kesehatan saat isolasi mandiri yang selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga yang cukup. Jika orang dewasa yang terpapar covid 19, sangat disarankan untuk melakukan olahraga atau aktivitas lainnya maksimal 150 menit dengan intensitas yang sedang. Sedangkan untuk intensitas yang berat per minggunya minimal 75 menit.

Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya daripada tidak melakukan sama sekali. Dengan kata lain semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan maka kesehatan fisik juga akan semakin baik. Adapun beberapa aktivitas fisik yang bisa dimakan di rumah seperti halnya memasak, membersihkan bunga atau sekedar naik turun tangga.

Makanan Bergizi Saat Isolasi Mandiri

Lalu, apa saja makanan bergizi yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi seseorang yang isolasi mandiri? Adapun beberapa nya seperti halnya dengan mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak dalam jumlah yang sedang, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi, sayur-sayuran yang cukup dan lainnya. 

Nah, dengan mengetahui apa saja cara menjaga kesehatan saat isolasi mandiri, tentunya tak perlu khawatir lagi dan dapat meminimalisir tertular covid 19 dengan tetap menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga yang cukup. Selain itu kita juga butuh buah-buahan untuk mencegah covid-19. Jangan lupa cukupi gizimu saat isoman. 

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan Saat Isolasi Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *