Cara Menjaga Kesehatan Usus Buntu Agar Tidak Terserang Infeksi

Penyakit usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada bagian usus buntu atau apendiks. Usus buntu ini adalah organ yang memiliki bentuk kantong kecil dan tipis, yang memiliki ukuran sepanjang 5 sampai 10 cm dan juga terhubung pada usus besar. Penderita usus buntu bisa terjadi di semua kalangan. Tak heran jika banyak yang cari tahu cara menjaga kesehatan usus buntu sejak dini.

Ketika seorang penderita mengalami radang usus buntu, maka penderita tersebut akan merasakan nyeri pada bagian perut sebelah kanan bawah. Apabila dibiarkan, infeksi seperti ini akan mengakibatkan usus buntu pecah yang juga cukup membahayakan nyawa. Berikut ini adalah penjelasan mengenai usus buntu yang perlu diketahui:

Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu bisa terjadi karena adanya infeksi pada bagian rongga usus buntu. Kondisi seperti ini, akan berkembang biak dengan cepat sehingga usus buntu pun mengalami bengkak dan meradang bahkan sampai bernanah. Inilah daftar dari penyebab usus buntu:

  • Terdapat hambatan pada pintu rongga usus buntu.
  • Terjadinya pembengkakan ataupun penebalan jaringan dinding usus buntu sebab adanya infeksi di saluran pencernaan atau bagian tubuh lain.
  • Tinja ataupun pertumbuhan parasit misalnya seperti cacing kremi yang akan menyumbat rongga usus buntu.
  • Terdapat adanya cedera pada perut.
  • Memiliki kondisi medis seperti munculnya tumor pada perut ataupun inflammatory bowel disease.

Gejala Usus Buntu

  • Nafsu makan menurun.
  • Perut sering kembung.
  • Tidak dapat uang gas atau kentut.
  • Sering merasa mual.
  • Mengalami diare ataupun konstipasi.
  • Mengalami demam tinggi.

Obat Usus Buntu Di Apotik

  1. Obat anti nyeri

Dokter bisa menjalankan obat analgesik ataupun obat anti nyeri seperti Paracetamol agar bisa menyembuhkan rasa sakit dikarenakan peradangan. Jenis obat seperti ini mampu mengurangi produksi prostaglandin yang ada di otak. Karena prostaglandin inilah yang merupakan hormon dari penyebab rasa sakit.

Hanya bisa meredakan nyeri karena usus buntu, obat ini juga akan produk dan demam yang merupakan gejala dari infeksi usus buntu. Mengkonsumsi obat Apotek seperti ini merupakan cara menjaga kesehatan usus buntu.

  1. Obat antimual

Gejala dari usus buntu seperti mual bahkan sampai muntah merupakan respon alami tubuh selama melawan infeksi yang menyerang pada sistem pencernaan. Suatu obat yang dapat ditemukan di apotek adalah anti mual yang telah diresepkan oleh dokter sebelum melakukan operasi, itu obat ondansetron.

Obat akan bekerja menghambat reseptor neurotransmitter yang merupakan penyebab muntah. Dimananeurotransmitter ini adalah kumpulan sel saraf di otak yang menerima sinyal dari berbagai lokasi tubuh agar kemudian memunculkan reaksi sesuai dengan kondisi tubuh.

Gambar Usus Buntu

Gambaran dari usus buntu biasanya terjadi pada seluruh usia, yang paling sering mengalami adalah usia 10 sampai 30 tahun. Ketika kondisi sudah semakin parah, tentu dokter akan menyarankan melakukan operasi untuk penyembuhan.

Baca Juga : Manfaat Gaya Hidup Vegetarian

Buah Untuk Mencegah Usus Buntu

  • Apel

Buah apel mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yang juga mencegah terjadinya sembelit pada sistem pencernaan. Mengkonsumsi apel akan membuat organ usus bisa lebih bersih. Sehingga Anda dapat membiasakan untuk mengkonsumsi buah ini agar kesehatan tubuh semakin terjaga.

  • Buah naga

Buah naga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh bisa meningkat dengan baik. Teksturnya yang lembut cocok jika dikonsumsi oleh penderita usus buntu. Kandungan serat, antioksidan, mineral dan juga vitaminnya cocok untuk kesehatan usus.

Itulah beberapa penjelasan dari penyebab, gejala bahkan sampai cara menjaga kesehatan usus buntu. Ikan untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan dan makanan yang tinggi akan serat ya.

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan Usus Buntu Agar Tidak Terserang Infeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *