Dampak Negatif Penyedap Makanan, Apa saja sih?

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah MSG? Namun, kebanyakan orang tidak mengerti lebih jelasnya terkait MSG itu sendiri. Perlu diketahui jika MSG merupakan singkatan dari monosodium glutamat yang biasa digunakan untuk membuat makanan agar terasa lebih lezat. Tahukah Anda jika MSG terbuat dari bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Nah, agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi MSG, penting sekali untuk mengetahui dampak negatif penyedap makanan jika dikonsumsi secara berlebihan. Lebih jelasnya berikut ini ulasannya. 

Dampak Negatif Pengunaan MSG

Ada beberapa dampak negatif penggunaan MSG secara berlebihan dan tentunya hal ini harus segera diketahui agar tidak lagi mengkonsumsi MSG atau setidaknya bisa menguranginya. Nah, sebagaimana berikut ini beberapa dampak negatif tersebut.

  • Sakit Kepala

Dampak negatif yang paling umum dirasakan oleh seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi MSG yaitu sakit kepala. Mungkin kebanyakan orang akan menganggap hal ini remeh. Padahal jika hal tersebut diteruskan justru akan menyebabkan migrain berkali-kali. 

  • Mempengaruhi Saraf

Dampak lain yang cukup membahayakan jika mengkonsumsi MSG secara berlebihan yaitu mempengaruhi saraf. Hal ini dapat dirasakan dengan beberapa apa gejala seperti halnya kesemutan, sensasi terbakar pada bagian leher atau wajah dan mati rasa. Selain itu mengkonsumsi MSG secara berlebihan juga dapat menyebabkan beberapa penyakit  neurodegenerative seperti multiple, alzheimer dan Parkinson.

  • Mengakibatkan masalah jantung

Nah, dampak negatif penyedap makanan yang selanjutnya yaitu bisa mengakibatkan masalah pada jantung. Yang mana jika tubuh terlalu banyak menyerap asupan MSG, maka bagian dada akan terasa nyeri dan jantung akan berdebar.

  • Berbahaya untuk kesehatan ibu hamil

Saat hamil ibu sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Selain itu harus menghindari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung MSG. Pasalnya jika MSG terlalu banyak mengumpul pada tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh dan organ secara keseluruhan.

Tak hanya itu, mengkonsumsi MSG juga dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh seperti halnya kerusakan retina, tekanan darah tinggi, alergi makanan, diabetes, autisme, obesitas dan ketidakseimbangan hormon. Sekalipun ingin mengkonsumsi MSG, pastikan secukupnya saja. 

MSG Adalah Zat yang Berbahaya Bila Berlebihan

MSG adalah singkatan dari monosodium glutamat yang merupakan garam natrium berasal dari asam glutamat dan asam amino. Meskipun kedua asam ini akan ditemui pada tubuh secara alami, tetapi jika mengkonsumsi makanan dengan banyaknya kandungan MSG juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Yang mana fungsi dari MSG sebagai bumbu penyedap sehingga dapat menambahkan rasa atau biasa disebut sebagai Umami. Perlu diketahui jika umum merupakan penyedap rasa yang dapat memberikan rasa lebih gurih seperti kaldu. 

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Usus Buntu

Ciri Makanan yang Mengandung MSG

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri makanan yang mengandung MSG? Kebanyakan produsen akan menyebutkan MSG dengan nama latin pada bagian kemasannya. Nah, lebih jelasnya berikut ini nama lain dari MSG yang umumnya terdapat pada kemasan makanan.

  • L -glutamic acid.
  • Monopotassium glutamate.
  • Calcium glutamate.
  • Disodium guanylate.
  • Disodium ribonucleotides.
  • Monosodium glutamate.
  • Monoammonium glutamate.
  • Disodium inosinate.
  • Magnesium glutamate.

Efek Micin Bagi Otak

Selain sangat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi MSG seperti halnya micin juga sangat berdampak buruk untuk otak. Yang mana MSG ini sebagai racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel saraf, sehingga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi otak.

Nah, setelah mengetahui apa saja dampak negatif penyedap makanan, alangkah baiknya jika mulai saat ini sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi MSG atau secara langsung tidak menggunakannya sama sekali.

One thought on “Dampak Negatif Penyedap Makanan, Apa saja sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *