Efek Samping Kebiasaan Begadang bagi Kesehatan Tubuh Anda

Efek Samping Kebiasaan Begadang. Tidur yang cukup setiap harinya sangat disarankan. Pasalnya kekurangan tidur juga dapat menimbulkan berbagai efek samping, misalnya saja kurangnya fokus pada aktivitas keesokan harinya. Normalnya orang dewasa setiap harusnya harus mendapatkan waktu tidur yang cukup selama 7-8 jam. Namun, banyak sekali faktor yang menyebabkan Kita terpaksa untuk begadang saat malam hari seperti halnya deadline pekerjaan yang menumpuk atau mengerjakan tugas.

Begadang untuk sekali atau dua kali mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, jika begadang sudah menjadi kebiasaan, sangatlah berbahaya untuk kesehatan, baik secara psikologis dan fisik. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya terkait apa saja efek samping kebiasaan begadang, simak penjelasan ini.

Efek Begadang Bagi Wanita

Begadang bagi wanita memiliki efek samping yang sebenarnya hampir sama secara umum. Yang mana dengan kebiasaan begadang dapat menyebabkan pola makan memburuk, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan. Apalagi orang yang begadang akan lebih sering makan sebelum tidur pada malam hari. Nah, dengan kebiasaan ini justru dapat menyebabkan kelebihan porsi makan.

Apalagi pada malam hari biasanya kebanyakan orang akan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalori dan lemak yang justru dapat mempengaruhi munculnya berbagai penyakit. Seperti halnya meningkatnya kolesterol dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Efek Begadang Bagi Remaja

Depresi juga menjadi salah satu faktor yang disebabkan karena terlalu sering begadang. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa seseorang akan mengalami gejala depresi jika terbiasa begadang. Pasalnya saat begadang, itu berarti seseorang akan kekurangan tidur dan keesokan harinya apapun yang dilakukan akan terkendala. 

Efek Begadang Bagi Wajah

Nah, efek samping kebiasaan begadang yang selanjutnya yaitu tidak baik untuk kulit wajah. Hal ini disebabkan saat begadang tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup untuk regenarasi sel. Nah, sehingga tak heran jika kebiasaan begadang dapat menyebabkan wajah lebih pucat dan tidak segar. Bahkan, jika kebiasaan begadang ini tidak segera diatasi, maka kulit wajah yang sering terkena noda dan terpapar sinar matahari tidak akan bisa diatasi dengan cepat. 

Dampak Begadang Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa begadang yang menjadi hal yang tidak boleh dilakukan sesering mungkin. Hal ini dikarenakan begadang bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan di keesokan harinya terutama pada saat di dalam kelas. Nah, sehingga hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi. Bahkan begadang juga dapat menyebabkan microsleep atau tidur sejenak. Padahal hal ini sangat membahayakan terutama pada saat mengendarai kendaraan. 

Nah, untuk meminimalisir terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan dari begadang, mulai saat ini cobalah untuk mengurangi begadang atau menghilangkan kebiasaan tersebut. Pasalnya sama sekali tidak ada keuntungan yang didapatkan dari begadang. 

Simak juga : Efek samping makan sebelum tidur.

Penyakit Akibat Begadang dan Bangun Kesiangan

Resiko begadang yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena begadang dapat memindah waktu tidur yang tepat. Misalnya saja yang seharusnya malam hari harus tidur, justru diganti pagi hari. Sedangkan pada malam hari kita harus melakukan banyak sekali aktivitas seperti halnya bekerja.

Nah, pada saat mengatur tentu kita tidak bisa melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin dan malah terjadi tekanan berlebihan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan, resiko penyakit jantung bagi seseorang yang terbiasa begadang dapat meningkat 11%.

Nah, dengan mengetahui apa saja efek samping kebiasaan begadang, mulai saat ini alangkah baiknya jika kita menghindari kebiasaan tersebut atau menghilangkannya. Pasalnya tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, kebiasaan begadang juga sangat buruk untuk kesehatan mental.

One thought on “Efek Samping Kebiasaan Begadang bagi Kesehatan Tubuh Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *