Efek Samping Konsumsi Madu Terlalu Banyak

Efek samping konsumsi madu. Madu digunakan oleh manusia selama ribuan tahun sebagai campuran bahan makanan dan juga minuman untuk pengobatan. Seperti produk herbal Habbacov yang juga memiliki kandungan salah satunya adalah madu untuk menunjang pengobatan. Jadi, tidaklah menjadi rahasia lagi bahwa madu diakui secara ilmiah memiliki khasiat positif bagi kesehatan.

Madu memiliki rasa yang manis, sebelas duabelas dengan gula pada umumnya. Namun, banyak yang beranggapan madu lebih menyehatkan dibanding gula dengan alasan karena madu adalah bahan alami tanpa tambahan bahan kimia. Tapi kenyataannya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang jika madu memiliki banyak manfaat, akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan tentu bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Terutama bayi dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Lalu, apa saja sih efek samping konsumsi madu terlalu banyak?

Efek Jangka Pendek

Mengkonsumsi madu secara berlebihan memunculkan permasalahan efek jangka pendek terhadap tubuh seperti menyebabkan masalah lambung. Umumnya yang dialami adalah masalah seperti kram perut, kembung, bahkan diare. Bagaimana bisa madu menyebabkan masalah itu semua? Hal itu disebabkan karena madu memiliki kandungan fruktosa yang mana akan mengganggu kemampuan usus untuk menyerap nutrisi. Sehingga, perut akan mengalami rasa nyeri yang berkelanjutan.

Efek Jangka Panjang

Ketika kalian mengkonsumsi madu berlebihan dan konsisten, seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Bahwa akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan kalian. Bahayanya lagi, akan terjadi ketidakpekaan insulin yang mana bisa menyebabkan jumlah gula dalam darah meningkat. Hal tersebut akan menjadi efek jangka panjang jika kalian tidak segera menyudahinya.

Selain dari segi jangka waktu, efek samping konsumsi madu secara berlebihan juga akan membuat kalian mengalami hal-hal berikut ini:

Botulism

Bagi kalian yang memiliki anak berusia di bawah 12 bulan, jangan berani-berani untuk memberinya konsumsi madu. Dalam jumlah sekecil apapun. Sebab, pada usia tersebut madu akan membuat mereka mengalami botulism. Botulism sendiri adalah kasus keracunan yang disebabkan karena adanya ada infeksi bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini akan berkembang lebih banyak dalam usus yang menyebabkannya mengalami keracunan.

Efek untuk Penderita Diabetes

Mengkonsumsi madu akan meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, dengan mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit pada area lubang perut dimana tempat kateter terpasang dalam proses cuci darah akan menyebabkan resiko infeksi meningkat. Namun, tidak cuma penderita diabetes, kandungan gula dalam madu juga bisa menyebabkan efek samping konsumsi madu berlebihan yaitu kadar gula darah meningkat. Yang mana hal tersebut juga akan meningkatkan resiko mengalami depresi, dementia, serta menderita beberapa jenis kanker.

Menambah Berat Badan

Madu memiliki kandungan kalori serta gula yang cukup tinggi. Setidaknya terdapat 64 kalori dalam 1 sendok makan madu atau setara dengan 21 gram madu. Mengkonsumsi madu berkali-kali dalam sehari akan menyebabkan asupan kalori yang tinggi. Hal ini akan memungkinkan seseorang yang mengkonsumsinya akan mengalami berat badan yang naik. Selain kalori, peran fruktosa juga yang menyebabkan berat badan naik. Terlalu banyak madu yang diminum, artinya juga terlalu banyak fruktosa yang diserap oleh tubuh. Hal tersebut perlahan-lahan akan menyebabkan obesitas.

Masalah Gigi

Madu mempunyai gula alami sebagai komponennya. Tapi dengan tekstur kekentalannya tinggi yang mudah menempel pada berbagai bagian mulut Anda, terutama gigi, akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan gigi. Madu yang menempel di bagian tertentu akan membantu bakteri dalam mulut membentuk asam. Yang pada gilirannya menyebabkan erosi email gigi, sehingga mendorong kerusakan gigi. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya gunakan madu secukupnya dalam makanan.

Itulah beberapa efek samping konsumsi madu terlalu banyak yang bisa dialami siapa saja. Meski madu di gembar-gemborkan memiliki khasiat yang begitu banyak, namun kalau berlebihan tentu akan menjadi dampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, konsumsilah secukupnya dan seperlunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *