Efek Samping Makan Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Apakah anda pernah mendengar pernyataan seseorang yang menyuruh kita untuk makan sebelum tidur agar lebih nyenyak? Ya, mungkin kita pernah mendengar hal tersebut. Padahal nyatanya hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat besar. Justru makan sebelum tidur sangatlah tidak baik untuk dilakukan. Lebih tepatnya banyak sekali efek samping makan sebelum tidur cukup banyak. 

Adapun beberapa efek samping dari makan sebelum tidur seperti penambahan berat badan dan sangat berpengaruh pada aktivitas esok harinya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya terkait apa saja efek samping makan sebelum tidur, simak penjelasan ini. 

Makan Sebelum Tidur Bikin Gemuk

Apakah anda sering makan sebelum tidur malam? Jika benar, alangkah baiknya jika mulai saat ini untuk mengurangi kebiasaan tersebut atau lebih baik menghindarinya. Hal ini dikarenakan makan sebelum tidur membuat berat badan meningkat secara drastis. Lebih tepatnya hindari makan lebih dari jam 10 malam agar intoleransi glukosa tidak mengalami peningkatan. Bahkan, makan lebih dari jam 10 malam dapat meningkatkan resiko obesitas.

Adapun beberapa efek samping lainnya jika makan pada malam hari menjelang tidur akan lebih mudah meningkatkan kadar kolesterol dan juga trigliserida. Nah, untuk menghindari beberapa efek samping tersebut, mulai saat ini berhentilah makan sebelum tidur.

Baca juga : Penyebab Susah Sendawa

Efek Makan Malam Diatas Jam 10

Jika sebelumnya ada yang berpendapat jika makan diatas jam 10 atau sebelum tidur dapat menyebabkan tidur lebih nyenyak, justru malah sebaliknya. Yang mana makan terlalu malam dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan menyebabkan kelelahan pada pagi hari. Bahkan, seseorang yang makan diatas jam 10 malam juga cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tidur. 

Makan Sebelum Tidur Menurut Islam

Menurut Islam makan sebelum tidur juga tidak disarankan untuk dilakukan. Setidaknya makan malam harus dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Hal ini sesuai dengan hadis dari Nabi Muhammad SAW “jangan pernah anda meninggalkan makan malam, sekalipun hanya berupa kurma. Karena orang akan cepat tua tanpa makan malam”.

Dampak Makan Tengah Malam

Makan tengah malam memiliki dampak tersendi, yang mana dampak tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Pasalnya Makan tengah malam ini dapat mengembangkan sindrom metabolik. Yang mana peningkatan sindrom metabolit ini dapat menyebabkan beberapa resiko seperti gula darah tinggi, kelebihan lemak pada perut, meningkatnya kolesterol dan meningkatnya tekanan darah. 

Sehingga jika kebiasaan makan sebelum tidur tidak dikurangi mulai saat ini, risiko mengidap penyakit diabetes tipe 2 serta stroke akan semakin tinggi. Bahkan, efek samping makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Bahaya Makan Malam Langsung Tidur

Apakah anda sering makan langsung tidur? Sebenarnya kebiasaan ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh. Pasalnya pada saat malam hari dan tidur lemah akan lebih sedikit terbakar. Sehingga tubuh akan mengalami peningkatan berat badan cukup drastis. 

Meskipun jika dibandingkan antara seseorang yang yang makan pada malam hari dan tidak memiliki aktivitas yang sama, justru yang makan sebelum tidur dan terlalu larut hanya membakar lemak dalam jumlah yang sedikit. Nah, mulai saat ini terapkan hidup sehat dengan menghindari makan malam sebelum tidur.

Mengetahui berbagai efek samping makan sebelum tidur, itu berarti mulai saat ini kita harus menghindari kebiasaan tersebut. Pasalnya efek samping yang didapatkan dari kebiasaan tersebut cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sudah siapkah kita untuk tidak makan dulu sebelum tidur?

One thought on “Efek Samping Makan Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *