Efek Samping Mengkonsumsi Habbatussauda yang Perlu Anda Tahu

Efek Samping Mengkonsumsi Habbatussauda – Habbatussauda atau jintan hitam merupakan jenis rempah dari tanaman Nigella Sativa. Tanaman ini banyak dijumpai di Asia Barat, Eropa Timur, dan Timur Tengah. Selain memberikan banyak manfaat, ternyata terdapat efek samping mengkonsumsi Habbatussauda. 

Efek Samping Mengkonsumsi Habbatussauda bagi Tubuh

Pada umumnya mengkonsumsi habbatussauda aman-aman saja. Akan tetapi, saat mengkonsumsinya harus dalam jumlah atau dosis yang sesuai. Karena bila berlebihan akan menimbulkan efek samping mengkonsumsi habbatussauda. 

Manfaat Habbatussauda Kapsul

Obat herbal dengan kandungan jinten ini dipercaya mempunyai beberapa manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Selain itu, habbatussauda juga mempunyai efek antibakteri, anti nyeri, dan anti radang. Bahkan bahan alami ini mampu memperkuat kekebalan tubuh. 

Efek Samping Habbatussauda bagi Penderita Maag

Efek samping mengkonsumsi habbatussauda berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang tidak mendapatkan efek samping sama sekali, ada pula yang memperoleh reaksi ringan hingga cukup parah. Jadi tidak semua orang bisa mengkonsumsinya dengan aman. 

Namun efek samping habbatussauda bagi penderita maag justru sebagai terapi secara bertahap. Anda bisa merasakan manfaat habbatussauda bisa mengkonsumsinya berdasarkan dosis yang efektif. Perlu diingat, bagi Anda yang sensitif harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan habbatussauda. 

Bila penyakit maag kambuh, memang sangat mengganggu berbagai aktivitas. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan berakibat buruk bahkan menjadi kronis. Apalagi jika didukung dengan pola makan yang kurang baik. 

Peradangan di dinding lambung akan semakin parah dalam tahap kronis. Bahkan hal tersebut dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. 

Baca Juga : Aturan Minum Habbatussauda Kapsul

Efek Setelah Minum Habbatussauda

Mengkonsumsi obat herbal tidak boleh berlebihan, karena terdapat efek samping mengkonsumsi habbatussauda. Meskipun berbahan alami, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping. 

Setelah minum habbatussauda bisa  jadi mengakibatkan alergi. Apalagi jika Anda sebelumnya telah memiliki riwayat alergi. Kondisi yang berhubungan dengan alergi tersebut adalah perut kram atau mengi. 

Mengkonsumsi habbatussauda dapat menyebabkan dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan keadaan kulit yang meradang dan muncul ruam kemerahan. Selain itu, timbul rasa gatal pada kulit. 

Seseorang yang menggunakan habbatussauda bisa mengalami phytophotodermatitis. Phytophotodermatitis merupakan gangguan masalah kulit akibat reaksi senyawa dalam tanaman oleh sinar matahari. Rasa sakit akan muncul disertai dengan ruam kemerahan.

Efek samping mengkonsumsi habbatussauda berikutnya adalah menstimulasi uterus. Jadi, untuk wanita hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi jintan hitam ini. Sebab, kelahiran prematur bisa saja terjadi bila Anda tidak berkonsultasi dengan dokter.

Cara Minum Habbatussauda Kapsul

Obat herbal baik digunakan sebagai suplemen. Cara minum habbatussauda kapsul yang benar adalah  sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan obat tersebut. 

Pada dasarnya, jika kapsul dibuka kemudian mengkonsumsi bubuknya, maka cara kerja obat itu menjadi berbeda. Pasalnya obat dalam bentuk bubuk akan lebih cepat diserap oleh tubuh daripada kapsul. 

Bolehkah Minum Habbatussauda Saat Haid

Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, sehingga membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan. Manfaat habbatussauda bagi perempuan dapat meringankan kondisi saat mengalami haid. Jintan hitam ini bisa mengendalikan pendarahan selama siklus haid. 

Senyawa prostaglandin dalam jintan hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jadi mengkonsumsi habbatussauda saat haid boleh saja asalkan sesuai dengan dosis yang efektif. 

Sebelum mengkonsumsi Habbatussauda secara rutin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal tersebut untuk mendapatkan saran dosis yang tepat. Sehingga tidak akan mengalami efek samping ketika meminumnya. Kunjungi Habbacov untuk informasi seputar habbatussauda untuk kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *