Simak Apa Saja Obat Herbal untuk Covid – 19? Bisa dicoba di Rumah

Obat herbal untuk covid -19. Sistem pertahanan pertama tubuh yang berperan dalam mengenal, menghancurkan serta menetralkan benda-benda asing dan sel abnormal yang berpotensi merugikan bagi tubuh adalah sistem imun. Sistem ini memiliki peran yang penting dalam tubuh, sebab jika melemah tubuh akan memungkinkan terkena infeksi penyakit. Imun tubuh yang juga dikenal dengan sistem kekebalan tubuh ini sangatlah perlu dijaga apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Maka, untuk pencegahannya supaya imun tidak menurun, kalian perlu untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjang gaya hidup sehat antara lain seperti berolahraga, istirahat yang cukup, tetap berpikir positif, serta pola makan yang sehat pula. Tak hanya itu, asupan nutrisi tentu juga diperlukan oleh tubuh agar tetap terjaga imunitasnya. Beberapa cara untuk mendapatkan asupan nutrisi bisa dikonsumsi dari suplemen yang memiliki kandungan vitamin, bahkan juga beberapa jenis tanaman atau obat herbal bisa memenuhi itu semua. Terlebih lagi berbagai cara tradisional kini dipercaya mampu memelihara serta meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, salah satunya seperti mengolah berbagai tanaman herbal sebagai peningkat kekebalan tubuh menjadi obat herbal untuk covid 19.

Konsumsi Herbal untuk Perkuat Imunitas

Salah satu cara seperti mengkonsumsi obat herbal untuk covid adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Selain bahan herbal saat ini mudah untuk ditemukan, khasiatnya juga tidak main-main. Untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun bisa dengan imunomodulator yang mana berfungsi untuk menaikkan dan menekan respon imun. Imunomodulator ini bisa didapat dengan mengkonsumsi vitamin C, D, E dan Zinc. Maka dengan mencari bahan herbal yang mengandung asupan nutrisi tersebut, sistem imun akan terjaga.

Memang khasiat serta manfaat dari herbal tidak bisa dirasakan secara instan. Tidak seperti obat berbahan kimia yang dalam beberapa waktu saja sudah bisa dirasakan perbedaannya. Obat herbal untuk covid ini butuh waktu untuk bisa diproses oleh tubuh secara alami. Kelebihannya daripada obat berbahan kimia adalah tidak ada ketergantungan yang akan menjadi candu.

Maka dari itu, untuk mengkonsumsi herbal disarankan secara rutin dan teratur supaya bisa dirasakan khasiatnya. Selain itu, herbal juga perlu diolah dengan baik dan benar. Sebab, jika dalam tahap pengolahannya tidak tepat malah itu akan menghilangkan beberapa zat aktif yang Jadi untuk kalian bisa mengolah herbal tersebut untuk dikonsumsi dalam bentuk segar atau siap minum.

Untuk kalian yang masih bingung dengan bahan herbal apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh, berikut beberapa bahan herbal yang bisa dijadikan rekomendasi.

  • Habbatussauda

Mungkin banyak dari kalian sudah tahu bahwa habbatussauda adalah tanaman herbal yang dianjurkan Rasul SAW untuk dikonsumsi sebagai pengobatan. Habbatussauda ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh loh. Kenapa bisa? Sebab ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan kalau habbatussauda memiliki antioksidan seperti thymoquinone dan flavonoid. Kedua antioksidan tersebut bisa memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit. Salah satunya seperti penyakit yang sedang melanda dunia, COVID-19.

Selain menjadikannya obat herbal untuk covid, ada khasiat lain dari habbatussauda. Antara lain yaitu memperlancar saluran pencernaan, menghilangkan sakit kepala, meredakan gejala asma, menjaga tekanan darah, hingga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Cara untuk mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini ada banyak. Jadi selain dapat dikonsumsi langsung, kini banyak beredar produk habbatussauda yang tersedia dalam berbagai bentuk. Bisa dalam bentuk pil, kapsul, hingga sirup. Habbatussauda juga seringkali dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya. Seperti produk herbal Habbacov yang mengkombinasikan bahan herbal habbatussauda dengan qust al hindi, pegagan, sarang semut, madu, curcuma, dan masih ada beberapa bahan herbal lainnya.

Kombinasi tanaman herbal itu pastinya akan memberikan khasiat yang lebih maksimal untuk meningkatkan daya tahan tubuh daripada hanya dengan satu tanaman saja. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

  • Cabe Merah

Untuk pecinta pedas, ini merupakan berita bagus. Siapa sangka kalau tanaman pedas yang dikenal sebagai bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi tidak hanya memberikan perasa sedap pada makanan, cabe bisa menjadi obat herbal untuk covid sebab dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh loh.

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa untuk meningkatkan imun tubuh perlu asupan nutrisi yang cukup seperti vitamin C. Nah, pada cabe merah ini sendiri ternyata memiliki kandungan vitamin C dan zat besi. Sehingga cabe merah ini jika dikonsumsi bisa menghasilkan kolagen guna memperkuat imunitas tubuh. Selain itu cabe merah juga memiliki sifat antioksidan seperti habbatussauda, yang berperan sebagai pelindung dari bahaya radikal bebas.

  • Sereh

Sereh atau juga sering disebut serai, ternyata tanaman tinggi atau tangkai ini terdiri dari berbagai macam kandungan mineral dan vitamin. Mineral yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, potassium, magnesium, dan ion. Sedangkan untuk vitaminnya berupa vitamin A dan C.

Bumbu dapur beraroma wangi ini juga memiliki antioksidan yang tinggi, yang mana bisa membantu dalam menangkal radikal bebas. Jika kalian jadikan sereh ini sebagai obat herbal untuk covid seperti teh herbal serta dikonsumsi secara rutin setiap paginya, diyakini akan memberikan khasiat dalam memperkuat imunitas tubuh. Selain dinikmati sebagai minuman seduhan teh, sereh ini juga bisa menjadi salah satu penyedap makanan. Jadi kalian bisa merasakan khasiat dari sereh ini tidak hanya dengan olahan minuman.

  • Kencur

Semenjak merebaknya wabah virus corona ini, masyarakat Indonesia mulai berlomba-lomba dalam mengolah berbagai tanaman herbal untuk pencegahannya. Nah, salah satu tanaman herbal yang paling banyak dicari adalah kencur. Bahan herbal yang biasa ditemukan dalam bentuk minuman jamu ini dipercaya bisa memperkuat imun dalam tubuh.

Kencur ini memiliki sifat antioksidan yang merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan tubuh. Sebab itu, kencur mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas dan virus, sehingga ini dapat menjelaskan mengapa kencur dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dalam mengolah kencur bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan resep jamu berikut. Bahan yang kalian butuhkan yaitu kencur kupas 50 gr, beras 100 gr, daun pandan 3 lembar, gula aren secukupnya, dan air 2300 ml. Cara mengolahnya yaitu pertama-tama sangrai beras hingga kekuningan. Kemudian haluskan beras, kencur, dan gula aren. Setelah itu masukkan halusan tersebut ke dalam air, dan masak hingga mendidih. Tambahkan juga daun pandan supaya jamu memiliki aroma wangi yang enak. Untuk mengkonsumsi jamu kencur ini cukup dengan meminumnya 2 kali sehari. Dan jika dikonsumsi rutin, dipercaya imunitas tubuh akan tetap terjaga.

  • Echinacea

Tanaman ini cukup terkenal sebagai tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh sejak lama. Echinacea dikenal juga dengan nama lain yaitu coneflower. Tanaman ini bersifat mampu menjadi obat herbal untuk covid-19. Menurut salah satu riset, echinacea ini bekerja dengan beberapa cara.

Yang pertama, ia mengaktifkan proses fagostosis yaitu proses sel-sel fagosit yang mampu menyerap bakteri, virus, dan zat asing. Oleh karena itu, tubuh tidak akan rentan terkena infeksi ketika mengkonsumsi tanaman ini. Yang kedua, ia mampu merangsang produksi sel darah putih yang berperan dalam memberantas bakteri, virus, dan racun.

Selain merangsang produksi sel darah putih, echinacea juga membantu sel fibroblas yang mana berguna mempercepat produksi kolagen dan elastin pada kulit sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Yang terakhir, echinacea berguna untuk meningkatkan aktivitas pernapasan.

Kandungan yang terkandung dalam echinacea yaitu berbagai senyawa tanaman yang memiliki sifat lagi-lagi antioksidan. Yang mungkin sudah kalian ketahui berperan dalam melawan kerusakan dan stres oksidatif akibat radikal bebas. Diperkuat juga dengan salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa echinacea memiliki efek positif terhadap imun tubuh dengan membuatnya menjadi lebih kuat. Jadi tanaman ini memiliki efektivitas dalam mengoptimalkan kerja sistem imun.

  • Jahe

Selain kencur, jahe juga menjadi tanaman herbal yang diincar masyarakat Indonesia selama masa pandemi ini. Bumbu dapur ini ternyata memiliki bisa menjadi obat herbal untuk covid sebab memiliki manfaat baik dalam meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, hingga obat untuk pilek.

Hal itu karena jahe memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang bisa memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah infeksi. Dalam sebuah jurnal, jahe dikatakan bisaย  membantu meredakan rasa sakit. Hanya dengan mengkonsumsi 2 gram jahe, mau diolah dengan dipanaskan atau mentah jika dikonsumsi setiap hari dalam 11 hari akan mengurangi rasa sakit dalam peningkatan kinerja atletik.

Kalian bisa mendapatkan berbagai macam manfaat jahe selain itu dengan beberapa cara pengolahannya. Bisa dengan cara direbus, dicampur dengan teh, dan menjadi bumbu masakan. Jika kalian malas untuk mengolahnya, kalian bisa mencari produk herbal yang memiliki kandungan ekstrak jahe. Namun bila ingin mengolahnya berikut ada resep minuman dari olahan jahe yang bisa kalian terapkan di rumah.

Bahan yang perlu kalian persiapkan yaitu 2 ruas ibu jari jahe merah, 1 buah jeruk nipis, 3 jari kayu manis, gula merah secukupnya, dan 3 cangkir air. Untuk pembuatannya yang pertama kali kalian lakukan tentu dengan membersihkan semua bahan yang ada. Setelah bersih, geprek jahe merah. Lalu, rebuslah air hingga mengeluarkan banyak uap. Setelah dirasa uap cukup banyak, kecilkan api kemudian masukan semua bahan yang sudah disiapkan, lalu lanjut direbus selama 15 menit. Kemudian minuman jahe siap dihidangkan dengan menyaringnya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, ramuan ini bisa diminum 1 kali dalam sehari dengan dosis 1 ยผ cangkir.

  • Madu Murni

Tidak hanya tanaman, ada juga madu yang mampu menjadi obat herbal untuk covid dalam pencegahan virus covid-19 ini. Madu bisa menjadi pilihan produk alam yang membantu menjaga daya tahan tubuh kita.

Menurut salah seorang ahli gizi, bahan alam pengganti gula ini memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Sehingga ketika mengkonsumsinya, kita akan mendapatkan khasiat dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi di masa pandemi seperti ini khususnya di pagi hari.

Manfaat dari madu tentu akan dapat dirasakan jika mengkonsumsinya dengan rutin. Apalagi untuk anak-anak yang berada pada usia aktif beraktivitas dan mengeksplor diri, madu menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang imunitas tubuh mereka.

Terlebih lagi rasanya yang manis, tentu anak-anak akan suka mengkonsumsinya. Kandungan gula alaminya pun juga dapat membantu anak lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

  • Temulawak

Yang terakhir ada temulawak. Manfaat dari rempah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Temulawak sudah menjadi pengobatan alternatif yang turun-temurun hingga sekarang. Kandungan yang terkandung pada temulawak ini antara lain adalah protein, lemak, serat, natrium, kalium, kalsium, zat besi, karbohidrat, serta kurkumin yang menjadi kandungan paling tinggi setelah karbohidrat.

Salah seorang ahli menjelaskan kurkumin yang terkandung dalam temulawak bisa mengendalikan produksi sitokin yang diakibatkan dari satu sel yang terinfeksi oleh virus. Sitokin ini adalah protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh. Apabila ia terpapar virus terus-terusan akan menyebabkan badai sitokin. Yang mana bisa membuat paru-paru memadat dan kaku sehingga mengakibatkan sesak nafas, gagal nafas, hingga berujung pada kematian. Nah, dalam penelitiannya kurkumin ini bisa mengendalikan peningkatan sitokin dan akan meminimalisir terjadinya badai sitokin.

Setelah mengetahui khasiat temulawak yang begitu hebatnya, tentu kalian menjadi tertarik untuk mengolah rempah yang satu ini. Untuk itu, temulawak ini bisa dikonsumsi dengan berbagai macam loh. Bisa dari bentuk seperti, jamu, kapsul, tablet, dan masih banyak olahan lagi yang bisa dibuat.

Resep minuman yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang suka minuman praktis, serta tidak perlu membutuhkan banyak bahan loh. Hanya dengan temulawak dan tambahan kayu manis yang berperan sebagai anti radang, ramuan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa menjadi upaya pencegahan covid-19. Berikut resep temulawak sebagai obat herbal untuk covid yang bisa kalian praktekan di rumah.

Resep Minuman Herbal untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Berikut resepnya, yang kalian butuhkan yaitu antara lain bubuk temulawak atau temulawak yang sudah dihancurkan sebanyak 1-2 sendok teh, air 800ml, sejumput bubuk kayu manis. Selanjutnya, untuk cara membuatnya pertama merebus air. Setelah air panas, masukkan temulawak, kecilkan api dan aduk hingga mendidih. Selanjutnya, matikan api dan tambahkan sejumput bubuk kayu manis, aduk kembali. Untuk penyajiannya, kalian bisa menyaring teh tersebut ke dalam tempat minum, dan bisa dibiarkan hingga 5 menit dengan suhu ruangan. Bagi kalian yang suka manis, racikan temulawak ini bisa ditambahkan dengan sedikit madu sebagai pemanis.

Itulah beberapa obat herbal untuk menangkal terhadap virus covid-19 serta beberapa cara mengolahnya yang bisa dijadikan bahan referensi. Untuk kalian yang sibuk dan tidak mempunyai waktu dalam mengolah tanaman herbal, tentu ada alternatif lain dengan tetap bisa mengkonsumsi herbal untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Yaitu dengan mengkonsumsi suplemen herbal siap minum.

Produk herbal yang bisa jadi rekomendasi yaitu Habbacov, yang mana ia mengandung beberapa tanaman herbal yang membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk membeli produk herbal pastikan suplemen itu berasal dari herbal yang segar dan berkualitas. Selain itu juga mengandung zat aktif yang terjaga khasiatnya. Jangan lupa dengan dosisnya yang terukur dan diproduksi dengan standarisasi Good Manufacturing Practice. Pastikan juga produk tersebut menggunakan teknologi ekstraksi yang canggih sehingga tetap higienis, serta dikemas dan didistribusikan dengan baik dan benar. Semuanya itu kini telah hadir dalam produk habbacov.ย  Anda tidak perlu repot lagi untuk mengolah obat herbal menjadi obat yang praktis dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.