Rekomendasi Herbal untuk Meningkatkan Imun

Herbal untuk Meningkatkan Imun. Masa pandemi belum berakhir, hingga kita dituntut untuk pintar dan cerdas dalam menjaga kesehatan. Seperti tetap semangat, dengan cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Banyak sekali produk suplemen penunjang imunitas yang  ditawarkan di pasaran, tapi belum tentu cocok dengan kondisi tubuh.

Beberapa herbal direkomendasikan untuk meningkatkan imun. Hal ini karena herbal dinilai lebih alami dan tanpa efek samping. Namun kita harus pandai memilih herbal mana, yang sesuai untuk menjaga imunitas atau obat.

Sebelum memilih obat herbal, sebaiknya Anda memulai untuk mengenali kondisi diri sendiri. Hal ini berfungsi agar pemilihan obat herbal menjadi tepat sasaran dan tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga : Habbatussauda Meningkatkan Imun

10 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di Indonesia begitu melimpah tanaman herbal yang direkomendasikan, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih dengan adanya pandemi virus covid 19 yang begitu cepat menyebar dan menular. Konsumsi terhadap tanaman herbal menjadi sebuah pilihan yang semakin populer.

Masyarakat Indonesia kini beramai-ramai untuk menggunakan tanaman herbal, guna menjaga imunitas tubuh. Berbagai cara tradisional pun ditempuh, untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dengan mengolah tanaman herbal, yang dapat meningkatkan kesehatan.

Berikut adalah 10 tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh:

  1. Jinten hitam

Biji jinten hitam saat ini kerap dihaluskan dan dikemas dalam kapsul untuk meningkatkan imunitas tubuh. Nam lain biji jinten jitam adalah habbatussauda.

Produk Habbatussauda juga sangat laris di pasaran. Jika Anda sudah akrab dengan habbatussauda atau biji jinten hitam, tentu tahu bahwa jamu dengan nama ini sedang jadi trending topic atau viral di kalangan masyarakatnya Indonesia.  Yaitu dari kelas bawah, menengah, hingga atas.

Tentu hal ini tidak terjadi secara kebetulan, karena habbatussauda memang sebermanfaat itu bagi kesehatan tubuh manusia.

Habbatussauda adalah biji jinten hitam yang diambil dari tanaman berbunga tahunan (Nigella sativa), berasal dari keluarga Ranunculaceae, yaitu jenis tumbuhan yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Barat.

Kalau di negara asalnya, biji jinten hitam atau habbatussauda ini kerap dipergunakan sebagai penyedap rasa untuk masakan, seperti di India dan Timur Tengah, selain berfungsi sebagai pengawet alami.

Digolongkan ke dalam rempah, jinten hitam ini adalah tanaman herbal yang kaya manfaat. Jinten hitam antiinflamasi dan juga antibakteri, telah digunakan ribuan tahun lalu di Pakistan, India, hingga Timur Tengah.

Karena terpercaya dan sudah digunakan turun temurun akan sifatnya yang mampu meningkatkan kesehatan, jinten hitam sangat cocok dikonsumsi saat pandemi covid 19.

  1. Daun Kelor

Daun kelor sebelumnya dikenal untuk penunjang produksi ASI dan vitamin E yang melimpah. Namun ternyata manfaat daripada daun kelor tak hanya sesederhana itu.

Ragam manfaat dari daun kelor ternyata sangat banyak dan bisa diperoleh tubuh ketika mengkonsumsi daun kelor. Hal ini karena daun kelor, ternyata berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh didalamnya terdapat kandungan antioksidan dan asam amino yang dapat membantu menjaga kesehatan terlebih memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh virus covid 19.

Daun kelor memiliki kalori yang rendah juga kaya antioksidan yang mampu menghambat perkembangan mikroorganisme patogen, yang mengancam kesehatan tubuh. Konsumsi daun kelor secara teratur sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Cabe Merah

Cabe merah ternyata juga bermanfaat untuk menangkal virus covit 19 dan menjaga imunitas tubuh. Padahal selama ini cabe merah hanya dikenal dalam masakan sambal.

Menilik kandungan nutrisi dalam Cabe merah, ternyata buah pedas ini kaya akan zat besi dan vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Terlebih cabe merah juga kaya antioksidan, yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Kemudian sistem pernafasan dapat menjadi lebih kuat, akibat kandungan dari askorbat di cabe merah.

  1. Jahe Merah

Tanaman herbal jahe merah mampu melegakan tenggorokan dan melegakan sistem pernafasan. Kandungan nutrisi di dalamnya pun mampu memperkuat imunitas tubuh untuk mencegah virus covid 19 mendekat.

Di dalam jahe terdapat senyawa  aktif bernama gingerol, yang mampu melawan respiratory syncytial virus covid 19 yang dapat menangkal virus atau antivirus.

Sifat jahe yang hangat dan melegakan ini semakin diminati. Terlebih jahe merah, yang memang rasanya tak terlalu pedas, tapi komposisinya lebih kompleks untuk kesehatan tubuh.

  1. Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu memperkuat sistem imunitas tubuh. Seperti jahe yang hangat, kencur ini juga dapat membantu pernafasan terasa lega.

Kandungan vitamin dalam kencur, mampu meningkatkan sel-sel spleen dan perinotal untuk imunitas tubuh. Kencur ini juga kerap digunakan dalam masakan seperti sambal tumpang, sambal pecel, dan sambal urap kelapa.

  1. Temulawak

Temulawak di Indonesia kerap digunakan oleh anak-anak agar memiliki nafsu makan. Namun ternyata temulawak juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan antioksidan yang tinggi.

Maka tak heran, jika konsumsi temulawak secara rutin juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit ini juga kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan kurkumin pada kunyit, membuat tanaman herbal ini menjadi andalan untuk menangkis serangan virus covid 19.

  1. Mengkudu

Mengkudu menjadi tanaman herbal yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi buah hijau pahit pedas dan banyak biji ini sangat baik untuk kesehatan.

Mengkudu kaya akan beta karoten dan vitamin C. Kandungan scopoletin dalam mengkudu membuat buah ini menjadi sumber antiinflamasi, antibakteri, antipatogen, hingga anti covid 19.

Mengkudu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Namun rasanya memang cukup getir dan agak pedas, hingga buah ini jarang diminati.

Saat ini mengkudu sudah dikemas dalam kapsul dan diekstrak, hingga Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin C dan betakaroten dari buah mengkudu, tanpa memakannya secara langsung. Tentu mengkudu sangat baik untuk menjaga kesehatan.

  1. Cengkeh

Cengkeh juga tergolong rempah-rempah Indonesia yang legendaris, karena kerap dimasukkan ke dalam masakan. Namun ternyata manfaat cengkeh untuk imunitas tubuh memang tidak bisa diragukan.

Kuncup bunga cengkeh yang dikeringkan dan dibuat berbagai olahan, ternyata mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan mampu mendetoks racun dalam tubuh.

Cengkeh termasuk jenis tumbuhan yang dibudidayakan. Di mana daun cengkeh, hingga bagian dari pohon cengkeh ini bisa bernilai ekonomis.

  1. Daun Meniran

Daun meniran ini mirip dengan rumput liar yang kerap hidup di pekarangan rumah. Kalau dilihat dari dekat sangat mirip dengan imitasi pohon kelapa sintesis, bedanya daunnya berbentuk agak bulat.

Daun meniran beserta batang dan akarnya bisa menjadi obat ampuh untuk mencegah covid 19 dan meningkat imunitas tubuh.

Daun meniran mengandung senyawa anti radikal bebas dan melindungi tubuh dari kuman serta serangan organisme penyakit.

Obat Tradisional untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bicara obat tradisional yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah tentang paduan bahan-bahan alami yang kerap digunakan untuk pengobatan.

Dahulu saat teknologi belum secanggih sekarang, semua orang masih menggunakan obat-obatan tradisional untuk menunjang kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini obat-obatan tradisional telah dikemas higienis dalam kapsul atau dibuat jamu yang diproses melalui proses pengeringan, kemudian dihaluskan sehalus serbuk dan dikemas dalam kemasan. Sehingga konsumen hanya perlu menyeduhnya dengan air panas saja.

Berbagai obat tradisional berbagai merk jamu dan berbentuk kapsul kekinian ditawarkan di pasaran. Konsumen tinggal memilah, mana yang diperlukan oleh tubuhnya.

Obat tradisional kapsul yang saat ini dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh antara lain; ekstrak pegagan kapsul,  biji jinten hitam kapsul, ekstrak kulit manggis kapsul, serbuk kunyit dan temulawak kapsul, jahe dan gingseng kapsul, ekstrak daun kelor kapsul, ekstrak mengkudu kapsul, ekstrak daun meniran kapsul, dan masih banyal lagi.

Sementara bentuk jamu yang dikemas kekinian mirip kopi sachet dan konsumen tinggal seduh saja sangat banyak jenisnya. Fungsinya rata-rata sama, yaitu untuk meningkat imunitas tubuh.

Kemasan jamu serbuk antara lain; jamu pegal linu, jamu kunyit asem, jamu beras kencur, jamu temulawak, jamu temu ireng, jamu daun pepaya, jamu gepyokan, jamu kencur dan lengkuas, jamu sirih kencur, jamu tolak angin, jamu jahe kunyit jeruk nipis, dan lain sebagainya.

Obat untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Banyak sekali obat yang ditawarkan di pasaran untuk meningkatkan imunitas tubuh. Biasanya obat-obatan tersebut dinamakan suplemen atau peningkat daya tahan tubuh dalam melawan penyakit atau virus.

Dalam spekulasi peningkat imunitas tubuh, biasanya obat atau suplemen ini kayak akan vitamin C, antiinflamasi, antiradang, antiradikal bebas, anti virus, antipatogen, hingga kaya akan antioksidan.

Anda dapat menjumpai berbagai suplemen yang kaya akan vitamin C di pasaran dan membaca kegunaannya, yaitu untuk menunjang kesehatan atau meningkatkan imunitas tubuh.

Merk Obat Herbal untuk Daya Tahan Tubuh

Bicara merk obat herbal, berarti obat herbal tersebut sudah diproduksi dalam jumlah banyak oleh produsen. Banyaknya obat herbal di pasaran, ternyata memiliki beragam merk dagang untuk izin bisnis dari BPOM dan dinas perdagangan Indonesia.

Salah satu produk yang kini banyak diminati di pasaran dan berbahan dasar habbatussauda dan madu adalah Habbacov. Habbacov ini tergolong sebagai obat herbal atau jamu, yang sudah terdaftar dalam BPOM RI, salah satu daripada merk dagang obat herbal, dari keseluruhan total 11.000 produk jamu.

Merk obat herbal untuk daya tahan tubuh yang paling banyak dicari adalah Habbacov, yang diproduksi oleh PT Dinata Sukma Putra, Bogor-Indonesia, Habbacov adalah sangat baik untuk kesehatan tubuh dan telah resmi BPOM dengan izin produksi PIRT: 2093275020806.

Melansir dari habbcov.info, produk herbal bernama Habbacov ini adalah perpaduan antara habbatussauda, Qust Al Hindi, dan madu alami. Namun jamak dikenal di masyarakat Indonesia adalah madu dan habbatussauda.

Selain Habbacov, Anda dapat menjumpai berbagai macam produk jamu dan obat herbal dengan merk HNI HPAI yang sudah BPOM. Produk HNI ini, juga menjual Habbatussauda dalam bentuk kapsul.

Merk ketiga obat herbal untuk daya tahan tubuh adalah merk Jamu. Biasanya penjual jamu seduh, menggunakan produk ini dalam lapak dagangan mereka. Anda tinggal memilih, mana yang sesuai dengan kriteria tubuh Anda.

Obat Daya Tahan Tubuh yang Bagus

Obat daya tahan tubuh yang bagus adalah yang sesuai dengan keadaan tubuh orang yang bersangkutan. Karena tiap orang, bisa jadi berbeda efek saat mengkonsumsi obat yang jenisnya sama.

Pengertian dari menjaga daya tahan tubuh adalah memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam menangkal virus, bakteri, hingga penyakit.

Faktor utama dari kesehatan adalah gaya hidup sehat dan pikiran yang baik. Sehingga daya tahan tubuh akan tercipta, dengan tak mengabaikan pola makan dan protokol kesehatan.

Anda bisa membuat gaya hidup sehat seperti rajin bangun pagi, jalan pagi, minum air putih, konsumsi makanan sehat, buah-buahan dan sayur, berolahraga, hingga tidur yang cukup untuk menciptakan kekebalan tubuh yang prima.

Namun ternyata, tak semua orang beruntung atau berkesempatan untuk menjaga pola makan, pola hidup, dan gaya hidup sehat tapi. Jika Anda termasuk, tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah banyak dijual produk obat daya tahan tubuh yang bagus.

Dengan catatan, kandungan vitamin dalam obat daya tahan tubuh perlu diperhatikan. Hal ini karena tiap produk atau merk memiliki kandungan vitamin atau dosis yang tidak sama.

Anda harus memastikan bahwa obat yang bagus untuk daya tahan tubuh atau multivitamin yang akan Anda konsumsi itu sudah BPOM.

Melansir dari Hellosehat, maka inilah rekomendasi 5 multivitamin yang sudah BPOM:

  1. Enervon-c

Produk ini kaya akan vitamin C dan dibandrol dengan harga Rp.45.000 saja.

Produk Enervon-C ini punya kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pemulihan pasca sakit. Kandungan lain di dalamnya adalah vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin D, pantotenat, dan kalsium.  Sudah tersertifikasi halal dengan BPOM: SD011500991.

  1. Renovit

Produk ini kaya akan vitamin C dan dibandrol dengan harga Rp.91.000.

Produk Renovit ini punya kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pemulihan pasca sakit. Aman untuk bumil, busui, dan penderita diabetes. Kandungan lain di dalamnya adalah vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, dan niacinamide. Sudah tersertifikasi halal dengan BPOM: SD041514811.

  1. Blackmores

Produk ini kaya akan vitamin C dan dibandrol dengan harga Rp.525.000.

Produk Blackmores ini punya kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pemulihan pasca sakit. Tidak boleh dikonsumsi untuk bumil, busui, dan penderita diabetes, pasien cuci darah, vegetarian, dan anak-anak. Kandungan lain di dalamnya adalah vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, kalsium, maghnesium, zat besi, dan niacinamide. Sudah tersertifikasi halal dengan BPOM: SD164507181.

  1. NutrimaX

Produk ini kaya akan vitamin C dan dibandrol dengan harga Rp.270.000.

Produk Nutrimax ini punya kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pemulihan pasca sakit. Tidak boleh dikonsumsi untuk bumil, busui, dan penderita diabetes, pasien cuci darah, vegetarian, dan anak-anak. Kandungan lain di dalamnya adalah 13 vitamin dan 18 mineral penting, Ginger Extract dan American Gingseng Extract. Sudah tersertifikasi halal dengan BPOM: SI184508601.

  1. Redoxon FortimuN

produk ini kaya akan vitamin C dan dibandrol dengan harga Rp.56.000.

Produk Redoxon Fortimun ini punya kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pemulihan pasca sakit. Kandungan di dalamnya ada vitamin A, B kompleks, D, E, mineral, zat besi, zinc, dan selenium. Redoxon tidak boleh dikonsumsi oleh anak di bawah 1 tahun, wanita hamil dengan kadar fenilalanin tinggi, dan penderita fenilketonuria. Sudah tersertifikasi halal dengan BPOM: SD071531601.

Itulah aspek-aspek yang berkaitan erat dengan herbal untuk meningkatkan imun. Semoga dapat menjadi referensi dalam memilih obat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.