Kelebihan dan Kekurangan Habbatussauda dan Reaksinya untuk Tubuh

Kelebihan dan kekurangan habbatussauda memang perlu Anda ketahui. Mengingat habbatussauda ini merupakan jintan hitam yang merupakan rempah tanaman yang digunakan sebagai obat. Begitu banyak kandungan yang ada didalamnya. Namun jintan hitam memang bagus untuk dikonsumsi jangka pendek. namun juga memiliki kekurangan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Habbatussauda yang Perlu Diketahui

Tanaman Nigella Sativa ini jenis tanaman semak yang menghasilkan biji hitam kecil. Menurut penelitian memang memiliki kandungan manfaat yang banyak.

Namun dibalik manfaatnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangannya. 

Efek Samping Habbatussauda Bagi Penderita Maag

Habbatussauda atau jintan hitam merupakan biji-bijian yang diketahui mengandung antioksidan. Jintan ini mampu meminimalisir peradangan mulai dari peradangan lambung hingga penyebab sakit di ulu hati. Selain itu melancarkan pencernaan. 

Namun tahukah Anda belum dipahami seberapa dosis yang paling efektif untuk konsumsi jintan hitam agar mendapatkan manfaat yang disepakati para ahli atau peneliti.

Namun intinya kelebihan dan kekurangan habbatussauda ketika penggunaannya berlebihan maka menyebabkan efek samping berupa alergi, diare, mual, muntah dan lainnya. 

Hal ini dirasakan pada orang-orang yang sensitif terhadap jintan hitam. Hingga pada beberapa orang merasakan rasa sakit pada ulu hati namun tidak hanya karena masalah di bagian lambung saja. Bisa berupa karena bronkitis, kram otot, serangan jantung dan masih banyak lagi. 

Untuk merasakan manfaat dari habbatussauda sebaiknya mengkonsumsinya sesuai petunjuk penggunaan. Hal ini untuk menghindari resiko jangka panjang.

Manfaat Habbatussauda

Selain memiliki banyak kandungan, habbatussauda memiliki manfaat terbaik yang bisa Anda rasakan. 

Pertama, kandungan pada jintan hitam ini dapat menekan kadar kolesterol. Sehingga setiap orang yang memiliki jumlah kolesterol yang tinggi dapat teratasi dengan habbatussauda ini. Dengan meminum suplemen habbatussauda maka akan menurunkan kolesterol dengan signifikan. 

Selain itu Kelebihan dan kekurangan habbatussauda dapat meringankan peradangan. Peradangan tersebut yang memicu timbulnya berbagai penyakit. Maka dengan habbatussauda ini sangat efektif memiliki efek antiinflamasi yang kuat dalam tubuh. Namun harus dikonsumsi sesuai dosis. Jika tidak akan berakibat sakit maag atau mual.

Bagi beberapa orang yang mengkonsumsi habbatussauda dapat meminimalisir radikal berbahaya yang menyebabkan kanker.

Antioksidan didalamnya mampu menghambat dan mencegah tumbuhnya kanker. Selain itu juga mampu menstabilkan gula darah dan melindungi fungsi hati. 

Reaksi Tubuh Setelah Minum Habbatussauda

Bagi orang yang tidak memiliki alergi terhadap jintan hitam ini akan merasakan manfaat lebih setelah mengkonsumsi habbatussauda.

Diantaranya merasakan manfaat untuk kesehatan tubuh setelah rutin meminumnya sesuai petunjuk atau takaran konsumsi. 

Namun kelebihan dan kekurangan habbatussauda bagi seseorang yang memiliki alergi setelah mengkonsumsinya maka bereaksi pada pencernaan baik mual maupun reaksi lainnya sebagai bentuk penolakan. Biasanya akan muncul sendawa, mulas hingga mual. 

Terutama yang tidak boleh mengonsumsi adalah ibu hamil dan anak-anak. Oleh karena itu Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dosis yang cocok untuk Anda. 

Baca juga : Aturan Minum Habbatussauda Kapsul

Amankah Habbatussauda Dikonsumsi Setiap Hari

Pada dasarnya Habbatussauda cukup aman dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki keluhan kesehatan karena cukup memberikan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Hanya saja tidak baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, menyusui dan anak-anak. Sebenarnya  aturan untuk orang dewasa dosis jinten adalah 50 hingga 100 mg minyak jinten sehari. Hal ini bisa dipadukan dengan minyak daun mint untuk menyembuhkan sakit maag. 

Dosis tersebut tentu berbeda untuk penyembuhan penyakit yang berbeda. Semua tergantung dari usia, kesehatan hingga kondisi lainnya. Semua kelebihan dan kekurangan habbatussauda bisa Anda peroleh di Habbacov.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *