Kenapa Imun Bisa Menurun? Ini Penjelasannya!

Kenapa imun bisa menurun? Dan ketika imun seseorang itu turun, ia jadi lebih mudah sakit? Ini karena sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang menjadi prioritas utama dalam melindungi tubuh dari penyakit mengalami penurunan. Sehingga tidak ada kemampuan untuk melawan bakteri, virus, serta benda asing lain yang bisa menyebabkan penyakit. Jika sistem tersebut lemah, tubuh tidak bisa mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Lalu, bagaimana bisa sih imun menurun? Tentu ada beberapa penyebab yang mengakibatkan imun menurun termasuk kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Berikut beberapa penyebab kenapa imun bisa menurun.

Kurang Tidur

Banyak yang tidak menyadari bahwasannya ketika seseorang dalam keadaan tertidur, sel-sel dalam darah sedang bekerja. Ia melawan infeksi yang mana untuk menjaga tubuh. Maka, bisa disimpulkan ketika seseorang yang kurang tidur, ia akan mudah terserang penyakit. Sebab, tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif dalam melawan infeksi penyakit. Selain itu, ketika tidur sistem tubuh utama juga sedang memperbaiki diri, seperti jantung, otak, serta sistem kekebalan.

Kurang Minum

Air adalah salah satu elemen utama dalam tubuh yang mana 60 persen tubuh adalah air. Jaringan dan organ dalam tubuh, mereka semua bergantung pada air sebab dapat membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, membantu menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan agar tetap lembab, serta untuk menghindari penyakit. Walaupun tubuh sebagian besar terdiri dari air, seseorang bisa saja kehilangan cairan tersebut melalui buang air, berkeringat, bahkan bernapas. Jika berlebihan, gejala ini disebut dehidrasi. Dehidrasi ringan terkadang sulit diidentifikasi. Namun, ketika dehidrasi sudah mencapai tingkat akut akan berbahaya bahkan mengancam jiwa. Gejala yang dirasakan seperti rasa haus yang ekstrem, mata cekung, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, kebingungan dan merasa lelah.

Kurang Asupan Nutrisi

Hal yang membantu dalam mendukung sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang. Makanan tersebut seperti buah-buahan, sayur-sayuran, serta sumber gandum yang menyediakan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang penting.

Vitamin C dan vitamin D adalah salah dua dari beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meminimalisir resiko penyakit jantung, mata dan kerutan pada kulit. Sama halnya dengan vitamin D. Jika seseorang memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam darah, hal tersebut akan membahayakan sistem kekebalan tubuh dan memiliki kecenderungan untuk terinfeksi.

Selain vitamin, kalian juga pertimbangkan untuk menggunakan herbal dalam menjaga kekebalan tubuh. Kalian bisa menggunakan madu, habbatussauda, qust al hindi, serta masih banyak lagi herbal yang bisa diolah untuk meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh meredakan berbagai gejala penyakit. Tentu untuk memenuhi nutrisi-nutrisi tersebut, kalian tidak perlu bingung mencarinya. Bisa dipertimbangkan menggunakan suplemen herbal untuk daya tahan tubuh yang memiliki berbagai nutrisi. Seperti contohnya produk herbal Habbacov yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun.

Kurang Olahraga

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan bahkan bisa membahayakan kesehatan. Maka, kurang olahraga bisa menjadi jawaban kenapa imun bisa menurun.

Stress dan Kesepian

Tidak hanya dari fisik, psikis yang terganggu pun dapat memicu imun menurun. Rasa kesepian pada seseorang kenyataannya bisa meningkatkan respons stres yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan peradangan di tubuh, yang berpotensi mengganggu sistem kekebalan. Stres yang meningkat menjadi kronis ini bisa menyebabkan otak memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol. Yang mana ia memiliki sejumlah efek fisik negatif, termasuk kekebalan yang melemah.

Itulah beberapa penyebab kenapa imun bisa menurun. Oleh karena itu, selagi tubuh kita masih sehat ada baiknya untuk menghindari hal-hal diatas yang dapat memicu imun kita menurun. Sebab, ketika imun turun, penyakit apa saja bisa menyerang kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *