Khasiat Daun Pegagan Dan Cara Mengolahnya

Khasiat Daun Pegagan Dan Cara Mengolahnya. Siapa sih yang tidak mengenal daun pegagan? Pastinya sudah familiar bukan? Daun pegagan ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong liar. Biasanya daun pegagan ini tumbuh di negara Asia misalnya saja di Indonesia, India, Jepang dan Tiongkok. Daun pegagan memiliki bentuk ukuran yang kecil. Namun, meskipun kecil tidak diragukan lagi loh khasiatnya. Daun pegagan ini sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh juga untuk perawatan kecantikan. Daun pegagan biasanya dijadikan sebagai obat alternatif dari suatu penyakit.

Lantas apa saja khasiat yang diberikan oleh daun pegagan dan bagaimana cara mengolahnya? Nah, berikut kami akan menyajikan informasi seputar daun pegagan yang memiliki segudang manfaat ini. Yuk simak ulasan kami dibawah ini.

Inilah Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun pegagan untuk mata

Daun pegagan  mempunyai kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh indra penglihatan kita yakni mata.  Dimana zat tersebut dikenal dengan nama carotenoids. Fungsi dari zat dalam daun pegagan ini yaitu bisa membantu mempertajam pandangan indra penglihat kita. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam daun pegagan ini juga bisa mengobati mata yang bengkak. 

Manfaat daun pegagan untuk jantung

Daun pegagan juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini karena daun pegagan mempunyai kemampuan dalam memperbaiki sirkulasi darah. Terutama pada penderita gangguan pembuluh dara vena pada kaki. Sehingga darahnya akan lebih sulit untuk mengalir ke jantung. Dalam daun pegagan juga terdapat kandungan yang bisa membantu dalam memaksimalkan daya pompa jantung dan juga frekuensi kontraksinya.

Manfaat daun pegagan untuk asam lambung

Daun pegagan mempunyai kandungan antibakteri, sehingga daun ini dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan. Seperti asam lambung, diare atau bahkan perut kembung.  Dengan mengkonsumsi daun pegagan ini maka gangguan pencernaan akan sembuh.

Cara konsumsi  daun pegagan segar

Daun pegagan yang dinilai memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh ini. Pastinya setiap orang akan memiliki keinginan untuk mengkonsumsi daun pegagan ini. Terdapat beberapa cara mengkonsumsi daun pegagan yaitu bisa direbus atau  bisa juga di masak. Jika direbus, sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak tiga kali sehari supaya hasil yang didapat sangat maksimal. 

Cara merebus daun pegagan

Terdapat langkah- langkah yang harus dilakukan untuk merebus daun pegagan yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama siapkan daun pegagan yang sudah kering, bisa dikeringkan melalui oven atau sinar matahari sebanyak setengah dari sendok teh.
  2. Kemudian masukkan daun tersebut kedalam wadah ataupun gelas.
  3. Lalu tuangkan air panas kedalam wadah ataupun gelas tersebut.
  4. Terakhir, tunggu beberapa menit kemudian saring air tersebut dan bisa langsung diminum.

Cara memasak daun pegagan

Selain direbus, daun pegagan juga bisa di masak untuk berbagai olahan masakan. Salah satunya di tumis. Untuk mengolah daun pegagan menjadi tumisan, cara memasaknya pun sama seperti masak tumis sayuran pada umumnya. Yakni dengan menumis bumbu yang sudah terhaluskan, kemudian masukkan daun pegagan lalu diaduk dengan cepat. Kemudian tinggal ditambahkan dengan garam, gula dan kecap manis, beri sedikit air, jika sudah matang dan cita rasanya pas, maka tumis daun pegagan siap di sajikan.

Baca juga : Minum madu setiap hari untuk kesehatan, baguskah?

Cara mengolah daun pegagan untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata daun pegagan juga sangat bagus untuk perawatan kecantikan.  Daun pegagan ini memiliki khasiat untuk kulit yakni bisa mengatasi jerawat, menghaluskan dan mengencangkan kulit juga bisa membuat wajah lebih awet muda

Cara membuat masker daun pegagan

  1. Haluskan 15 helai daun pegagan yang segar
  2. Campurkan dengan minyak zaitun sebanyak satu sendok, secukupnya tepung beras dan satu butir putih telur. 
  3. Lalu aplikasikan ke wajah dan leher, biarkan hingga mengering dan bersihkan dengan air hangat.

Nah, itulah informasi seputar khasiat daun pegagan dan cara mengolahnya yang bisa kami bagikan. Karena sudah mengetahui khasiat dari daun pegagan, jadi tunggu apalagi.  Yuk jaga kesehatan tubuh Anda dengan mengkonsumsi daun pegagan.

One thought on “Khasiat Daun Pegagan Dan Cara Mengolahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *