Komposisi Lain Habbacov, Tak Hanya Madu Habbatussauda

Komposisi lain Habbacov. Komposisi Habbacov itu bukan hanya madu dan habbatussauda aja loh! Ada beberapa komposisi lain yang terkandung pada produk herbal tersebut. Secara umum, Habbacov adalah obat untuk membantu penyembuhan dalam rusaknya sistem pernapasan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi obat herbal ini. Terlebih lagi komposisi yang terkandung pada obat ini memiliki khasiat yang luar biasa bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih komposisi lain Habbacov selain madu dan habbatussauda?

Curcuma

Mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan nama tanaman yang satu ini. Tapi kalian pasti tau kan apa itu temulawak? Ya, curcuma adalah nama lain dari temulawak. Komposisi lain Habbacov yang satu ini dikenal sebagai obat herbal tradisional dengan berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya yang paling banyak dirasakan adalah membantu detoksifikasi atau bisa dibilang membantu pengeluaran toksin dalam tubuh. Curcuma memiliki kandungan kurkumin yang berperan sebagai anti inflamasi serta mengandung antioksidan. Selain itu, kurkumin juga berfungsi untuk menjaga struktur serta fungsi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan kronis. Manfaat lain dari tanaman ini antara lain untuk menjaga kesehatan hati, mengatasi masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan dapat melawan infeksi akibat jamur bakteri.

Moringa

Tanaman jenis ini biasa dikenal dengan nama daun kelor. Daun yang dikenal mempunyai banyak manfaat ini bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia dan sering kita jumpai sebagai tanaman pagar. Siapa yang menyangka jika moringa ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yang pastinya sangat bermanfaat untuk dikonsumsi di masa seperti sekarang ini dan menjadi salah satu komposisi lain Habbacov. Untuk mengkonsumsi moringa, biasanya tanaman ini diolah menjadi jamu, teh, hingga suplemen. Tapi tak jarang juga orang menggunakan moringa sebagai salah satu bahan masakan. Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi tanaman ini adalah dapat menurunkan kadar gula, mengatasi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pegagan

Daun selain moringa yang menjadi komposisi lain habbacov adalah daun dari tanaman pegagan. Daun yang berbentuk seperti kipas ini memiliki nama lain yaitu daun tapak kuda atau gotu kola. Berbagai senyawa bioaktif yang terkandung pada pegagan ini membuatnya digunakan untuk diolah menjadi tujuan pengobatan. Senyawa tersebut antara lain antioksidan, antimikroba, dan antivirus. Pegagan memiliki banyak khasiat untuk tubuh jika dikonsumsi. Apa saja itu? Berbagai manfaat pegagan antara lain adalah dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, mempercepat penyembuhan luka, mengobati masalah kulit, serta dapat meredakan nyeri sendi.

Eleutherine Palmifolia

Eleutherine palmifolia adalah nama ilmiah dari tumbuhan bawang dayak atau bawang hantu. Umbi ini merupakan tanaman khas Kalimantan. Dan sudah secara turun temurun digunakan oleh masyarakat di sana khususnya suku Dayak sebagai bahan pengobatan. Masyarakat lokal di sana menggunakan tanaman umbi ini sebagai obat untuk penyakit seperti kanker payudara, hipertensi, diabetes, hingga bisa untuk mencegah stroke. Bawang dayak ini adalah umbi yang berwarna merah dengan daun yang berwarna hijau berbentuk pita, serta bunga berwarna putih. Senyawa yang terkandung dalam bawang dayak ini adalah senyawa fitokimia, antara lain adalah alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, steroid dan tannin. Biasanya bawang dayak diolah dalam bentuk manisan, bubuk, dan dikeringkan.

Itulah beberapa komposisi lain Habbacov, yang mana tidak hanya madu dan habbatussauda. Dari penjelasan akan manfaat dari tanaman-tanaman tersebut, juga akan menjelaskan bahwa komposisi dari produk herbal Habbacov tentu akan membantu dalam pengobatan hingga pencegahan untuk beberapa kasus penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *