Ini dia 10 Fakta Kopi Bagi Kesehatan

Kopi terkenal sebagai salah satu minuman yang paling populer di dunia, salah satunya Indonesia. Kopi juga sudah melekat pada budaya masyarakat di Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri sangat banyak varietas kopi yg tumbuh dan tersebar di seluruh daerah.

Dan banyak orang yang mengonsumsi kopi setiap harinya untuk menikmati cita rasa kopi yang khas. Selain untuk dinikmati, kopi juga dapat menahan rasa kantuk. Sampai banyak yang bertanya-tanya apa saja manfaat yang ada pada kopi. Selain dapat menahan rasa kantuk, meningkatkan konsentrasi, kopi juga dapat menurunkan risiko sakit jantung.

Namun, kopi yang dimaksud disini adalah Kopi hitam, kopi tanpa kandungan gula. Karena kopi hitam yang pahit sangat bermanfaat bagi tubuh.

Lalu, apa saja manfaat kopi bagi kesehatan?

1. Meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi kopi hitam ternyata dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi karena fungsi otak yang bekerja aktif.

2.Mengurangi stres

Stres merupakan penyebab utama yang dapat menyerang kesehatan. Dengan itu secangkir kopi dapat merilekskan ketegangan dan ketenangan, karena terlepasnya dopamin dan serotanin dari efek kafein yang terkandung dalam kopi.

3. Meningkatkan kinerja tubuh

Kafein dipercaya dapat meningkatkan kinerja dan kapasitas daya tahan tubuh. Karena ini banyak yang merekomendasikan meminum kopi sebelum beraktivitas seperti olahraga.

4. Membakar lemak dalam tubuh

Penelitian yang dilakukan salah satu Universitas di London menyatakan kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak pada tubuh.

5. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh

Antioksidan yang terkandung ddalam biji kopi dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

6. Memgurangi risiko penyakit parkison

Mengonsumsi kafein secara teratur dalam jumlah 3-4 gelas sehari dapat menekan risiko penyakit parkison.

7. Menekan risiko terjadinya gagal jantung

Meminum kopi dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan dalam sehari dapat menurunkan risiko terjadinya gagal jantung.

8. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Kafein yang terkandung dalam biji kopi dipercaya memiliki zat yang dapat menurunkan risiko dan memperlambat penyakit Alzheimer (pikun). Karena zat tersebut dapat menstimulusi kerja saraf.

9. Baik untuk kinerja jantung

Zat yang ada pada kafein ternyata dapat meningkatkan aktivitas kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ada baiknya meminum kopi dalam jumlah kecil dan jangan berlebihan kerana dapat mengakibatkan gagal jantung.

10. Membuat diri menjadi tenang dan bahagia

Siapa disini yang merasakan hal yang sama? Bagi pecinta kopi pasti sudah tahu sensasi yang ditimbulkan setelah kita meminum secangkir kopi. Selain membantu merilekskan tubuh, tetapi kita juga seakan merasakan rasa bahagia seolah-olah ada beban yang terangkat. Dengan ini juga kita bisa mencegah terjadinya depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *