Manfaat Minum Habbatussauda dan Madu untuk Keluarga Anda

Manfaat minum habbatussauda dan madu ada banyak sekali. Sejak dahulu kala masyarakat di india telah menggunakan habbatussauda untuk obat sehari-hari. Kemudian saat Nabi Muhammad SAW. menganjurkan penggunaannya maka konsumsi habbatussauda di negeri arab mulai menyebar. Nabi Muhammad SAW. juga menganjurkan meminum madu sebagai obat herbal alami. Lalu bagaimanakah menurut penelitian yang dilakukan oleh para dokter di era modern ini.

Beberapa manfaat mengkonsumsi habbatussauda yang dipadukan dengan madu adalah memperkuat sperma. Yups, dengan mengkonsumsi habbatussauda dan madu secara rutin akan membuat kekuatan sperma meningkat serta menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik. Oleh karena itu bagi para perokok berat yang di dalam tubuhnya tersimpan nikotin yang banyak. Di mana nikotin akan memperlemah kelincahan berenang sperma (motilitas) sehingga kesuburan sperma pun terganggu.

Selain untuk kesuburan sperma pria ia juga bermanfaat untuk merangsang produksi ASI bagi kaum hawa. Ia juga dilaporkan dapat mengobati penyakit cacingan. Dan berguna untuk meningkatkan imun tubuh bagi orang-orang yang memiliki imun tubuh yang lemah.

habbatussauda sunnah nabi

Bagi masyarakat arab mulai mengenal habbatussauda sebagai obat karena telah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu riwayat Imam Bukhari diceritakan “ Dari ‘Aisyah radiyallahu `anha, Nabi Muhammad SAW  bersabda : “Sungguh dalam habbatus sauda (jinten hitam)  itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah radiyallahu `anha pun bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau SAW menjawab, “Kematian.” (HR. Bukhari).

Dari hadits di atas dapat kita ambil sebagai pelajaran hidup kita. Bahwa salah satu obat yang dianjurkan langsung oleh NAbi Muhammad SAW adalah habbatussauda / jinten hitam. Namun meski begitu ia juga tetap tidak mampu untuk mengobati kematian. Sebab kematian adalah sesuatu yang mutlak pasti terjadi pada setiap makhluk hidup. Hal itu sudah menjadi sunatullah (ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT). Oleh karenanya kita sebagai makhluk yang lemah harus tetap berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan menjaga pola makan yang teratur, olahraga serta minum suplemen yang baik bagi tubuh.

habbatussauda obat nabi

Sebagaimana hadits yang beliau sabdakan dalam kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW juga mengkonsumsi habbatussauda. Begitu juga para sahabat juga melakukan pengobatan menggunakan habbatussauda. Suatu ketika Khalid Ibn Sa’ad menceritakan bahwa dia bepergian bersama Ghalib bin Jabr, lalu dalam perjalanan itu Ghalib  jatuh sakit. Kemudian Ibnu Abi Ateeq (keponakan sayyidah Aisyah) datang untuk menemui mereka berdua. Saat melihat tubuh yang tertekan, dia mengambil lima atau tujuh biji hitam, menumbuknya, lalu beliau mencampurkannya dalam minyak zaitun. Kemudian menjatuhkannya ke lubang hidungnya (Ghalib). Ghalib Ibn Jabr akhirnya menjadi sehat dengan perawatan ini.

habbatussauda menurut islam

Sejarah mencatat bahwa Ibnu Sina seorang dokter muslim asal yang berkebangsaan persian dalam jurnal kesehatannya yang bertajuk al-qanun fit-thib. Atau dalam khazanah keilmuan eropa disebut Canon of Medicine menerangkan bahwa habbatussauda dapat mengobati penyakit asma. Serta semua penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan manusia.

Cara mengkonsumsi habbatussauda agar menghasilkan manfaat yang optimal ada banyak. Salah satunya dengan mencampurnya dengan madu. Sebab kandungan keduanya akan bekerja sama untuk meningkatkan imun tubuh. Oleh karenanya manfaat minum habbatussauda dan madu akan lebih efektif dibandingkan hanya mengkonsumsinya secara terpisah.

habbatussauda untuk penyakit apa saja

Sudah banyak para dokter dan ahli kesehatan yang meneliti tentang kegunaan habbatussauda bagi tubuh. Mulai dokter zaman dulu seperti Ibnu Sina sampai para dokter pada era modern saat ini. Dari hasil penelitian mereka terkemuka bahwa banyak sekali penyakit yang dapat sembuh dengan mengkonsumsi habbatussauda. Mulai dari penyakit ringan hingga yang kronis. Diantaranya untuk mengobati mata merah (konjungtivitis), reaksi alergi, sakit gigi, wasir, rematik, sakit kepala flu dan hidung tersumbat. Selain itu ia juga dilaporkan dapat mengatasi masalah pencernaan seperti disentri, kolik, diare, sembelit dan perut kembung.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat minum habbatussauda dan madu yang dapat kita rangkumkan. Karena masih banyak sekali manfaat lain dari mengkonsumsi habbatussauda dan madu ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan faedah bagi segenap pembaca yang budiman. Untuk bergabung menjadi mitra kami dapat langsung mengkontak narahubung di atas. Kami akan berikan penawaran terbaik untuk anda, karena habbacov adalah tempat jual habbatussauda yang terpercaya kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *