Membedakan Madu Asli dan Palsu, Perlu Dicatat!

Membedakan madu asli dan palsu. Madu kaya akan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah madu dan beberapa serangga lain dari bunga-bunga. Rasa manisnya yang alami ini memiliki segudang khasiat yang baik. Mulai dari membantu menyembuhkan luka, berperan sebagai antioksidan, bisa menjadi bahan untuk perawatan kulit, dan menjadi salah satu komposisi produk herbal seperti Habbacov. Maka tak heran, jika produksi madu meningkat setiap waktu dan dimanapun.

Dengan seiring meningkatnya produksi madu, tak heran juga banyak oknum nakal yang mengakali segala cara untuk membuat madu dengan campuran bahan-bahan palsu. Hanya sekadar untuk memperbanyak jumlah produksi dan mengambil keuntungan lebih. Bukannya menyehatkan, madu palsu ini justru bisa menimbulkan penyakit lain loh! Maka, untuk kalian yang ingin membeli madu haruslah cermat dan teliti. Berikut cara untuk membedakan madu asli dan palsu yang mudah.

Membedakan Dari Teksturnya

Cara mudah untuk membedakan mana yang asli dan palsu yaitu dilihat dari teksturnya. Madu asli memiliki tekstur cairan yang kental. Ketika botol yang berisi madu digoyangkan, jika madu itu bergerak dengan lambat dipastikan itu karena teksturnya yang kental. Namun, jika sebaliknya madu bisa bergerak dengan cepat dan ringan, sudah pasti itu adalah madu palsu atau madu oplosan.

Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Membekukannya

Jika dengan melihat teksturnya kalian masih ragu, cara selanjutnya untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan membekukannya. Caranya, masukan madu ke dalam freezer dan tunggu beberapa jam. Madu yang asli tidak akan membeku jika ia berada di dalam freezer dalam waktu yang lama. Jika madu tersebut membeku, berarti madu tersebut sudah dicampuri bahan-bahan lain.

Membakarnya Dengan Korek Api

Madu yang asli adalah madu yang mudah terbakar. Sebab jika madu tersebut tidak mudah terbakar, itu karena ia mengandung zat tambahan yang tidak murni. Maka, jika kalian memiliki sebatang korek api cobalah untuk dicelupkan ke dalam madu. Selanjutnya coba untuk menyalakan batang korek tersebut, dan jika terbakar madu tersebut madu asli.

Madu Asli Tidak Lengket dan Tidak Mudah Larut dalam Air

Madu asli atau murni merupakan cairan yang sebenarnya tidak lengket. Untuk mengetesnya, kaian bisa menggosok-gosokkan madu dengan dua jari kalian. Jika tidak lengket dan tidak ada butiran yang tertinggal, sudah dipastikan itu madu asli. Sebab, madu asli akan menyerap dengan sendiri pada kulit. Selain itu, madu yang asli juga tidak mudah larut dalam air. Madu asli akan mengendap di dasar gelas. Sementara madu palsu akan cepat menyatu dengan air. Hal ini karena lagi-lagi adanya zat tambahan yang terkandung di dalam madu palsu

Tes Madu Asli dengan Sari Cuka dan Roti

Selain cara-cara diatas, mengetes apakah itu madu asli atau palsu bisa dengan sari cuka dan roti. Dengan sari cuka, cukup campurkan sedikit madu, air dan beberapa tetes sari cuka. Jika dicampur menghasilkan busa, kemungkinan madu tersebut adalah madu palsu. Dengan roti, ambillah roti tawar dan tuangkan madu kalian di atasnya. Jika madu tersebut menyerap ke dalam roti dan membuatnya menjadi basah, sudah dipastikan madu tersebut palsu. Akan tetapi, jika tekstur roti berubah menjadi keras, maka madu tersebut asli.

Itulah beberapa cara untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Ketika kalian ragu dengan madu yang dimiliki, cara tersebut bisa dan mudah untuk dilakukan. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *