Obat Herbal VS Obat Kimia, Manakah yang Lebih Baik?

Obat herbal vs obat kimia, mana sih yang lebih baik? Pertanyaan tersebut selalu muncul pada seseorang yang sedang mengalami sakit. Banyak orang yang kebingungan dalam memutuskan pengobatan dan obat apa yang akan digunakan. Karena tentu reaksi dan cara kerja antara keduanya berbeda. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dan efektif. Dan kalau kalian termasuk orang yang masih bingung akan perbedaan obat herbal vs obat kimia, berikut akan kami jelaskan bagaimana perbedaan diantara keduanya.

Obat Herbal

Obat ini merupakan obat yang diambil dari saripati tanaman utuh tanpa penyaringan khusus untuk mendapatkan bahan aktif. Dimana ia memiliki manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan. Dalam penggunaannya, obat herbal biasa dilakukan dengan menggunakan banyak tanaman berbeda dalam satu waktu. Diyakini hal tersebut memberikan efek sinergi serta meningkatkan efektivitas obat yang diracik. Penggunaan banyak tanaman dalam satu waktu inilah yang berlawanan dengan praktik pengobatan modern. Terlepas dari itu, obat herbal manfaatnya sudah banyak diakui bagi kesehatan.

Ciri-ciri :

  • Menyembuhkan seluruh organ tubuh lain sampai ke akarnya.
  • Tidak menimbulkan efek samping, jika dengan diracik oleh herbalis yang ahli.
  • Reaksinya lambat namun bersifat konstruktif.
  • Digunakan hanya untuk pencegahan, pemulihan, dan pengobatan penyakit yang membutuhkan pengobatan dengan janga waktu yang lama.

Obat Kimia

Obat kimia mengandung satu zat kimia tunggal yang bekerja sendiri dan menimbulkan efek samping. Biasanya dibuat dengan menggunakan teknologi khusus untuk mengambil ekstrak atau bahan aktif tertentu dari tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar. Yang selanjutnya obat-obat tersebut akan diatur secara ketat. Dari segi kontrol kualitas yang harus dipastikan menjalani inspeksi sebelum dipasarkan. Obat ini juga sudah melalui tes ilmiah serta terbukti efektif. Akan tetapi, disamping itu ada beberapa obat kimia yang bisa merusak organ pada tubuh manusia. Jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Tak hanya itu, obat-obat tersebut terkadang ada yang disalah gunakan hingga menyebabkan kecanduan.

Ciri-ciri :

  • Dapat menyembuhkan penyakit, akan tetapi kalau terjadi pengendapan akan menjadi racun yang berbahaya.
  • Hanya ditujukan untuk penyakit itu saja dan hanya menghilangkan gejalanya.
  • Reaksi penyembuhan yang cepat.
  • Memiliki efek samping yang menimbulkan iritasi lambung, hati, ginjal, dll.

Seberapa Aman Obat Herbal Dikonsumsi?

Walaupun obat herbal sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah digunakan secara turun temurun dari nenek moyang, penelitian ilmiah yang mempelajari keamanannya masih sangat sedikit. Belum banyak orang yang membahas mengenai hal tersebut. Peraturan persoalan peredaran obat herbal pun tidak seketat pengobatan medis. Masih belum ada patokan untuk standar persediaan obat herbal dan berapa dosis yang disarankan.

Karena belum ada pengaturannya, efek samping dari pengobatan ini pun tidak terdokumentasi dengan baik. Hal tersebut yang mengakibatkan berbagai efek samping dari obat ini tidak terlihat dengan jelas. Padahal penggunaan obat herbal jika digunakan bersamaan dengan obat kimia akan menyebabkan efek samping. Contoh kasus dari efek samping yang pernah ada yaitu dapat menyebabkan kerusakan hati. Meski begitu, penggunaan dari hanya obat herbal dengan penggunaan yang tepat, efek sampingnya relatif kecil. Obat herbal juga memiliki keefektifannya dalam mengatasi penyakit kronis yang sulit disembuhkan dengan obat kimia.

Itulah penjelasan dari obat herbal vs obat kimia secara singkat. Kalau ditanya manakah yang lebih diantara keduanya, jawabannya tergantung dengan situasi dan kondisi kalian. Alangkah lebih baiknya jika kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Terlebih lagi kalau kalian juga sedang mengkonsumsi obat kimia secara bersamaan. Ketika kalian tetap ingin menggunakan obat herbal sebagai pengobatan dan pencegahan kalian bisa banyak menemukannya di pasaran seperti produk herbal Habbacov.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *