Obat Tradisional Suku Jawa yang Bisa Menjadi Pencegah Penyakit

Suku Jawa merupakan suku yang berada di dataran tinggi Dieng, mereka masih menggunakan tumbuhan untuk bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Namun obat tradisional suku Jawa sendiri sudah menyebar ke beberapa daerah karena memang khasiatnya yang sangat bagus untuk tubuh.

Pengobatan Tradisional Jawa Tengah

Masyarakat di Jawa punya segudang pengetahuan mengenai tanaman yang memiliki khasiat menjadj obat berdasarkan pengalaman serta telah diwarisi secara turun menurun.

Tanaman-tanaman ini kerap kali dipakai menjadi obat tradisional. Sedangkan bagi masyarakat Jawa sendiri terdapat ilmu titen. Dimana menjadi ilmu yang bisa mempelajari mengenai kebiasaan serta pengalaman secara berulang-ulang.

Pengobatan Jawa Kuno

Pengobatan Jawa kuno dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Apalagi di negara Indonesia yang sangat kaya akan rempah-rempah, akan membuat siapapun bisa mendapatkan tanaman herbal. Meskipun tidak sebanyak dahulu, pengobatan Jawa kuno pada saat ini bisa dikatakan hampir punah. 

Namun Anda tak perlu cemas, Karena pada saat ini bisa menemukan buku-buku tentang resep pengobatan Jawa kuno. Dengan menggunakan buku inilah, Anda dapat membuat obat secara alami.

Primbon Pengobatan Jawa Kuno

Primbon pengobatan Jawa kuno dapat Anda jumpai pada sebuah naskah yang menjelaskan mengenai pengobatan tradisional. Naskah ini sendiri orang lebih memiliki sekitar 82 halaman, yang didalamnya terdapat beberapa obat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Meskipun dengan zaman modern seperti ini untuk mendapatkan obat dari dokter atau ke rumah sakit sudah sangat mudah. Tak ada salahnya bukan jika ingin mengkonsumsi obat-obat herbal yang lebih alami.

Contoh Pengobatan Tradisional Jawa

  • Jahe

Obat tradisional suku Jawa berikutnya adalah jahe, yang jadi salah satu tanaman herbal yang masuk ke dalam keluarga zingiberaceae. Sudah sejak lama jika jahe ini mampu membuat tubuh lebih fit. Kemudian bisa meningkatkan nafsu makan, mampu membantu meringankan reumatisme semua dan bisa mencegah mual.

  • Kencur

Tanaman Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki fungsi dalam menghangatkan tubuh. Kencur ini juga sangat cocok meredakan demam sakit perut, adanya bengkak sehabis jatuh ataupun encok.

Pengobatan Tradisional Suwuk

Suwuk adalah pengobatan tradisional yang memakai mantra ataupun rapalan doa-doa dari dukun ataupun orang yang memiliki ilmu. Biasanya doa-doa tersebut akan diletakkan pada air putih ataupun ramuan. Suwuk sendiri bukan hanya dipakai mengobati manusia saja tapi bahkan benda-benda ataupun undangan pernikahan juga bisa disuwuk.

Budaya Dan Pengobatan Tradisional Yang Berhubungan Dengan Kesehatan

Untuk beberapa orang yang masih memiliki budaya pengobatan tradisional, kebanyakan akan lebih percaya dengan pengobatan tradisional dibandingkan pengobatan modern. Tapi sebetulnya hal itu bukan menjadi masalah, jika saja pengobatan tradisional yang dilakukan setelah rutin serta mampu menjaga pola makan ataupun pola hidup yang lebih sehat dibanding sebelumnya.

Baca Juga : Rahasia Panjang Umur itu Ternyata Sederhana

Obat Tradisional Jaman Dulu

  • Kecap dan jeruk nipis

Hari ini apabila disatukan bisa menjadi obat tradisional yang mampu menyembuhkan sakit batuk. Campuran dari rasa manis ataupun asam memang kurang mengenakkan, tapi obat inilah yang dijamin mampu untuk mengurangi.

  • Penggunaan lidah buaya

lidah buaya ini cocok jika dipakai untuk mengobati permasalahan kulit kepala. Apalagi untuk Anda yang seringkali mengalami kerontokan yang cukup parah bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang obat tradisional suku Jawa. Dijamin Anda tidak akan kecewa dengan hasil pengobatan tradisional, yang memang sejak dulu sangat ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *