Penyebab Susah Sendawa Yang Kadang Tidak Kita Sadari

Bersendawa sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Pasalnya dengan bersendawa, perut yang awalnya kembung dapat reda dengan cepat. Yang mana bersendawa merupakan pelepasan gas dari mulut yang berasal dari saluran pencernaan. Gas yang dikeluarkan ini merupakan campuran antara nitrogen dan oksigen. 

Namun, tak jarang seseorang sulit untuk bersendawa, sehingga perut mudah kembung. Lalu, apa yang menyebabkan sudah sendawa? Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab susah Sendawa, simak penjelasan berikut ini 

Sendawa Tertahan Di Tenggorokan

Pada bagian atas lambung, normalnya akan ada gas. Yang mana saat kita menuangkan minuman ataupun makanan dalam jumlah yang banyak, maka gas pada bagian lambung tersebut juga akan mengalami peningkatan. Pasalnya pada saat proses menelan makanan ataupun minuman, secara otomatis udara juga akan masuk ke dalam lambung. Nah, inilah yang menjadi salah satu penyebab sendawa. 

Namun, pada saat bersendawa terkadang ada rasa tertahan di bagian tenggorokan. Mungkin saja hal tersebut disebabkan karena adanya iritasi pada bagian kerongkongan. Lebih tepatnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa mengganjal pada tenggorokan seperti halnya tumor kerongkongan, makanan yang tersangkut pada tenggorokan hujan juga radang tenggorokan.

Simak juga : Dampak Negatif Penyedap Makanan

Susah Sendawa dan Tenggorokan Terasa Mengganjal

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sulitnya sendawa yang mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Nah, sebagaimana berikut ini beberapa penyebab sulit sendawa.

  • Intoleransi Laktosa

Penyebab susahnya sendawa yang pertama yaitu intoleransi laktosa. Yang mana pada kondisi ini seseorang tidak bisa memecah laktosa yang terdapat pada produk susu. Nah, Hal inilah yang menyebabkan sulit sendawa dan perut kembung. 

  • Gastroesophageal Reflux Disease

Gangguan pencernaan seperti Gastroesophageal reflux disease juga dapat menyebabkan sulitnya bersendawa. Bahkan, gangguan ini juga dapat menyebabkan perut kembung setelah makan. 

  • Dispepsia

Dispepsia merupakan kondisi dimana tubuh akan mengalami kesulitan cendawan dan juga produksi gas dalam perut semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena perut bagian atas sangat tidak nyaman. 

Susah Kentut Susah Sendawa

Ada beberapa gejala susah sendawa yang mungkin belum pernah kita ketahui. Nah, seperti halnya berikut ini beberapa gejala tersebut. 

  • Pada bagian perut terasa seperti ada suara gemericik ataupun udara.
  • Tidak nyaman pada bagian lambung.
  • Perut begah
  • Perut kembung
  • Sakit perut.

Omongnya beberapa gejala tersebut disebabkan karena seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang besar. Sehingga lambung terasa tidak nyaman dalam waktu lama. 

Sulit Bersendawa Hingga Terasa Ingin Muntah

Pasnya Kita pernah merasakan perut kembung secara berlebihan dan dapat membaik dengan sendirinya. Apalagi jika sulit bersendawa tersebut bersamaan dengan terasa ingin muntah. Namun, bagaimana jika tidak? Tentunya harus segera di periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Sulit bersendawa akan cukup berbahaya jika persamaan dengan beberapa gejala berikut ini:

  • Mual atau muntah secara berlebihan.
  • Diare
  • Rasa sakit pada bagian dada.
  • Keluarnya darah pada feses.
  • Penurunan berat badan secara signifikan.
  • Feses mengalami perubahan warna.

Susah Sendawa Saat Hamil

Kadar hormon progesteron yang mengalami peningkatan, justru dapat menyebabkan jaringan otot polos yang terdapat pada saluran pencernaan menjadi lemas. Nah, Hal inilah yang dapat menyebabkan gas pada perut semakin menumpuk dan mengalami kembung. Sebenarnya hal ini justru dapat memudahkan untuk bersendaw. Tetapi, hai juga beberapa ibu hamil yang mengalami kesulitan bersendawa dikarenakan bersamaan dengan gejala lainnya. 

Nah, dengan mengetahui apa saja penyebab susah sendawa, setidaknya kita bisa mencoba untuk menghindarinya. Sekalipun tidak, kita bisa mengetahui apa yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat.

One thought on “Penyebab Susah Sendawa Yang Kadang Tidak Kita Sadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *