Perbedaan Habbatussauda Kapsul dan Cair

Perbedaan habbatussauda kapsul dan cair. Seperti yang kita tahu, habbatussauda atau disebut juga jintan hitam dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Bahkan disebut-sebut merupakan obat dari segala macam penyakit dan Rasul SAW yang menganjurkan untuk mengkonsumsinya.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Kesembuhan itu ada dalam tiga hal, minum madu, bekam, dan kay (sundutan api). Aku melarang umatku berobat dengan kay.” (HR Al-Bukhari).

Dari ‘Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah pun bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian.” (HR Bukhari).

Bagian dari habbatussauda yang lebih sering digunakan yaitu bijinya yang mengandung minyak atsiri dan lemak. Biasanya, biji tersebut digunakan sebagai rempah-rempah serta obat yang tentunya memberikan banyak manfaat.

Banyaknya manfaat dari tanaman ini pun akhirnya membuat banyak orang yang mengolahnya menjadi salah satu pengobatan. Sudah sejak ribuan tahun yang lalu habbatussauda digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, hingga Timur Tengah sebagai obat berbagai macam penyakit.

Selain itu, habbatussauda sudah tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscorides, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

Kini, habbatussauda sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti biji, bubuk, kapsul, hingga cair. Yang banyak dijual dipasaran kini berupa kapsul dan cair. Karena tersedia dalam beberapa macam, bisa saja khasiat yang dihasilkan juga ada perbedaannya. Maka dari itu pada artikel ini akan dibahas dalam bentuk apa yang lebih efektif dikonsumsi atau dua-duanya sama efektifnya, serta bagaimana perbedaan habbatussauda kapsul dan cair.

Rekomendasi Habbatussauda yang Bagus

Dalam membeli habbatussauda, tentu saja pilihlah dengan kualitasnya yang bagus. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum memilih habbatussauda untuk membelinya. Berikut beberapa cara memilih habbatussauda yang bagus.

Memahami Perbedaan Bentuk Sediaannya

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi bahwa habbatussauda memiliki berbagai macam bentuk. Nah, untuk memilih produk habbatussauda pastikan kalian tahu ingin membelinya dalam bentuk apa dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, setiap bentuknya memiliki keunggulannya masing-masing.

  • Biji Habbatussauda

Bagi kalian yang tidak repot dan tidak keberatan untuk mengolahnya sendiri bisa memilih habbatussauda dalam bentuk biji segar yang masih terjaga kemurniannya. Biji habbatussauda ini bisa dipanggang dahulu sebelum digiling menjadi bubuk. Bubuk inilah yang dikonsumsi langsung atau bisa juga dijadikan sebagai bahan masakan.

  • Kapsul Habbatussauda

Jika tidak ingin repot, kalian bisa menemukan habbatussauda dalam bentuk kapsul, baik kapsul bubuk atau kapsul minyak. Dalam berbentuk kapsul ini akan memudahkan jika dibawa kemana-mana dan tentu sangat praktis. Selain itu, habbatussauda dalam bentuk kapsul juga akan menutupi rasa pahit sehingga lebih nyaman untuk mengkonsumsinya.

  • Habbatussauda Cair/Minyak

Selain dalam bentuk biji dan kapsul, habbatussauda juga tersedia dalam bentuk cair berupa minyak yang dikemas dalam botol. Minyak ini didapatkan dari ekstraksi biji habbatussauda. Perbedaan habbatussauda kapsul dan cair ini diperjelas dalam sebuah penelitian. Yang ternyata habbatussauda dalam bentuk minyak ini memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibanding dalam bentuk bubuk.

  • Habbatussauda Kombinasi

Banyaknya macam produk habbatussauda yang ada di pasaran mungkin membuat kita sedikit bingung akan membeli yang mana. Terlebih lagi berdasarkan komposisinya, produk habbatussauda dibagi menjadi 2 kelompok. Ada habbatussauda murni dan habbatussauda kombinasi dengan bahan lainnya. Meski begitu, kedua jenis komposisi tersebut tetap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya habbatussauda kombinasi ini ditemukan dengan sediaan cair seperti madu habbatussauda.

Sudah Terdaftar di BPOM

Produk yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) tentu akan meninggalkan rasa aman pada kita ketika membeli dan menggunakannya. Oleh karena itu pastikan produk habbatussauda yang kalian beli sudah terdaftar, walaupun faktanya menggunakan kandungan yang alami. Jadi, tetap penting untuk tetap memastikan bahwa produk itu terdaftar di BPOM supaya aman dalam mengkonsumsinya.

Produk Murni atau Kombinasi, Sesuaikan Kebutuhan

Istimewanya, habbatussauda yang dikombinasikan dengan bahan lain malah akan meningkatkan keefektivitasannya. Sebagai contoh madu, adalah bahan yang biasa dipakai sebagai campuran habbatussauda sebab sama-sama memiliki sifat antioksidan. Selain itu terdapat manfaat lain dari madu yang bisa memberikan khasiat lebih daripada hanya dengan komposisi habbatussauda murni.

Rekomendasi

Habbatussauda murni dan kombinasi itu sama baiknya bagi kesehatan. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk produk habbatussauda murni bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko obat dan apotek. Dan untuk produk habbatussauda kombinasi, seperti madu dan beberapa bahan lainnya ada rekomendasi habbatussauda yang bagus seperti produk herbal Habbacov.

Produk tersebut memiliki banyak komposisi herbal yang tentunya juga menunjang banyak khasiat. Apalagi di masa pandemi seperti ini, produk ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pencegahan. Sebab, pada dasarnya juga produk ini merupakan obat terapi bagi pasien covid untuk membantu meredakan beberapa gejalanya.

Ciri Habbatussauda Asli dan Palsu

Tertipu dalam membeli obat tentu adalah pengalaman yang begitu merugikan, selain itu juga bukannya mengobati tapi malah membahayakan kesehatan ketika mengkonsumsinya. Maka dari itu, selain mengetahui perbedaan habbatussauda kapsul dan cair, ada baiknya mengetahui bagaimana cara membedakan habbatussauda asli dan palsu.

  • Kemasan yang Tidak Layak

Sebelum membeli ada baiknya untuk memperhatikan kemasannya. Habbatussauda yang palsu biasanya memiliki kemasan yang tidak layak untuk dijual. Contohnya seperti kemasan yang rusak serta label tulisan yang luntur.

  • Tidak Terdaftar di BPOM

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, memilih habbatussauda yang bagus harus terdaftar dalam izin edaran dari instansi kesehatan berwenang seperti BPOM. Dengan itu kita juga bisa mengetahui apakah produk habbatussauda asli bisa dikenali dengan label izin edar tersebut. Tentu jika tidak terdaftar, produk tersebut ada kemungkinan palsunya. Kalian bisa cek kode registrasi yang ada pada kemasan produk di website BPOM untuk mengetahui kevalidannya.

  • Dilihat dari Teksturnya

Cara lain untuk mengetahui apakah produk habbatussauda tersebut asli atau palsu bisa dilihat dari tekstur habbatussaudanya sendiri. Untuk minyak habbatussauda, ia memiliki ciri-ciri baunya cenderung alami tanpa bau kimia dan tekstur minyaknya hampir mirip dengan minyak zaitun. Sedangkan untuk biji habbatussauda, yang asli ia memiliki bentuk segitiga, memiliki aroma khas, serta ada kandungan minyak di dalamnya.

Waktu Terbaik Minum Habbatussauda

Setelah mengetahui berbagai perbedaan mengenai habbatussauda, termasuk perbedaan habbatussauda kapsul dan cair. Kita akan dibahas mengenai kapan sih waktu yang pas untuk mengkonsumsi habbatussauda?

Yang kita tahu, habbatussauda bisa menyembuhkan segala penyakit. Namun terkadang masih banyak orang yang berpikir, kalau semakin sering dan semakin banyak mengkonsumsi herbal tersebut maka penyakit akan segera sembuh. Pemikiran itu tentu sangatlah salah dan fatal. Apapun yang berlebihan tidak itu tidak baik. Sama halnya dengan mengkonsumsi habbatussauda, jika berlebihan maka akan menimbulkan efek yang tidak baik pula.

Menurut salah satu ustadz yang juga merupakan dokter, ustadz dr.Zaidul Akbar memberikan pernyataannya bahwa untuk mengkonsumsi habbatussauda itu tidak perlu terlalu banyak, namun perlu dirutinkan setiap hari.

Jika sedang memasuki bulan Ramadhan, maka konsumsilah selepas puasa sebab bisa memperbaiki fungsi organ dalam tubuh. Jika tidak sedang puasa, habbatussauda bisa dikonsumsi pada pagi, siang, dan malam hari. Namun bisa juga dikonsumsi 5 kali dalam sehari mengikuti dengan waktu sholat wajib.

Manfaat Habbatussauda Kapsul

Manfaat dari habbatussauda kapsul sendiri sebenarnya sama saja dengan manfaat habbatussauda secara umum. Tapi yang perlu diketahui, manfaat yang akan didapat dari habbatussauda akan sedikit berbeda jika mengkonsumsinya dalam olahan yang berbeda. Perbedaan habbatussauda kapsul dan cair yang sudah disebutkan diatas, bahwa habbatussauda cair seperti dalam bentuk minyak malah memiliki sifat antioksidan lebih daripada habbatussauda kapsul yang isinya bubuk.

Namun, terlepas dari itu semua habbatussauda tetap memiliki khasiat yang luar biasa jika kita konsumsi secara rutin dengan niat baik. Maka dari itu, berikut beberapa manfaat dari habbatussauda kapsul yang perlu kalian ketahui.

  • Mengobati kolesterol tinggi

Kolesterol yang berlebihan bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti stroke. Ada sebuah studi menunjukkan bahwa habbatussauda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

  • Menjaga kadar gula darah

Salah satu tanda seseorang memiliki penyakit diabetes yaitu tingginya kadar gula darah. Gejala yang terlihat antara lain adalah mudah kelelahan, sering haus dan buang air kecil, hingga sulit berkonsentrasi. Dalam sebuah studi, terdapat subjek yang mengkonsumsi habbatussauda dalam beberapa minggu memperlihatkan bahwa kadar gula darahnya berkurang serta resistensi insulin. Namun, dalam data klinis sejauh ini masih belum dapat memastikan

  • Mengatasi Masalah Lambung

Luka yang ada pada lambung terbentuk ketika terdapat asam lambung lebih banyak pada lapisan lendir pelindung yang melapisi perut. Hal itulah yang menyebabkan adanya sakit maag yang menghasilkan rasa perih pada perut. Namun, dengan mengkonsumsi Habbatussauda dalam bentuk bumbu atau obat herbal, hal itu akan teratasi. Habbatussauda bisa meredakan sakit perut hingga kram. Selain itu minyaknya juga bisa mengurangi gas dan kembung pada perut.

  • Melindungi Kesehatan Otak

Peradangan jaringan pada otak atau yang disebut neuroinflamasi merupakan kondisi yang dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit seperti Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan timokuinon dalam habbatussauda bisa mengurangi peradangan saraf. Maka dari itu, khasiat habbatussauda ini bisa membantu melindungi otak dari gangguan.

  • Menutrisi Kulit

Selain bagi dalam tubuh, habbatussauda juga ada khasiatnya bagi kulit. Sebab memiliki kandungan antioksidan, Vitamin E, dan asam limonet dalam yang bisa menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel-sel kulit. Cara kerjanya pun cepat sehingga kulit pun mendapat nutrisi yang cukup dan kesehatannya terjaga.

  • Mengurangi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit, yang menyebabkan kulit kering, ruam merah, dan bersisik. Gejalanya yaitu gatal dan nyeri pada daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala. Minyak dari habbatussauda ini diyakini bisa mengurangi gejala ini dengan cara mengoleskan minyak pada luka secara berkala.

Cara Mengkonsumsi Habbatussauda Kapsul yang Benar

Aturan dan cara mengkonsumsi habbatussauda kapsul dengan benar sendiri sebenarnya sudah tercantum dalam keterangan pada setiap produk habbatussauda. Karena produk habbatussauda merupakan obat herbal yang juga digunakan sebagai suplemen, kalian bisa membaca instruksi yang ada pada kemasan. Namun, secara umum kebanyakan habbatussauda dalam bentuk kapsul dikonsumsi sehari 3 kali dengan dosis 1-3 butir kapsul.

Cara Mengkonsumsi Habbatussauda Cair

Perbedaan habbatussauda kapsul dan cair juga ada pada cara mengkonsumsinya. Habbatussauda cair sendiri terdiri dalam 2 macam bentuk, minyak dan kombinasi. Untuk habbatussauda cair dalam bentuk minyak, cara mengkonsumsinya bisa dengan beberapa cara seperti yang di bawah ini.

  • Diminum langsung dalam satu sendok teh
  • Mencampurkan minyak ke dalam makanan jenis apapun, tuang satu sendok teh sebagai pengganti minyak zaitun

Sedangkan dalam bentuk kombinasi, biasanya dari pihak produksi akan memberikan instruksi untuk mengkonsumsinya. Sama halnya dengan habbatussauda kapsul. Ada dosis tersendiri bagaimana cara mengkonsumsi produk habbatussauda kombinasi cair ini.

Seperti produk herbal Habbacov yang merupakan habbatussauda cair dalam bentuk kombinasi dengan madu dan beberapa herbal lainnya. Produk tersebut memiliki aturan minumnya, sebagai contoh sebagai berikut. Karena fokus Habbacov sendiri juga sebagai obat terapi covid, berikut dosis untuk terapinya :

  • Dewasa : 15 ml setiap 2 jam
  • Anak 7-12 tahun : 5 ml setiap 2 jam
  • Anak 3-7 tahun : 2,5 ml setiap 2 jam
  • Hamil Trimester 1 : 3 X 15 ml
  • Hamil Trimester 2 & 3 : 15 ml setiap 2 jam
  • Pengurangan Dosis untuk Penderita tukak lambung akut dan Diabetes: Dosis booster diturunkan jadi 4 jam sekali

dosis terapi non-covid :

Sakit Ringan

  • Dewasa : 3 X 15 ml
  • Anak 7-12 tahun : 3 x 5 ml
  • Anak 3-7 tahun : 3 x 2,5 ml
  • Hamil : 3 X 15 ml
  • Program Hamil : 3 X 15 ml

Sakit Berat

  • Bisa di booster setiap 2 jam sekali, kecuali
  • Hamil trimester 1 (3 x 15 ml)

Pencegahan Covid :

  • 1 x 15 ml

Itulah beberapa cara untuk mengkonsumsi habbatussauda dalam berbagai bentuk. Disitulah letak perbedaan habbatussauda kapsul dan cair selain dari segi manfaatnya.

Penting juga untuk diingat bahwa habbatussauda yang dijadikan suplemen tidak akan bekerja seperti obat. Yang mana dapat menyembuhkan penyakit tertentu atau meringankan gejala penyakit.

Hingga saat ini masih belum ada aturan dalam menetapkan dosis habbatussauda yang direkomendasi secara umum, kecuali dari pihak produksinya itu sendiri. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsi hal-hal seperti suplemen dan obat, penting sekali untuk melakukan diskusi dan konsultasi dengan dokter atau apoteker yang bertugas.

Hal tersebut dilakukan demi menghindari risiko dari efek samping yang ditimbulkan oleh habbatussauda. Sebab, bergantung pada tujuan penggunaan, jumlah habbatussauda yang telah dipelajari itu sangat bervariasi.

Demikian penjelasan mengenai berbagai perbedaan habbatussauda kapsul dan cair. Mulai dari masing-masing khasiatnya, cara membedakan mana yang asli dan palsu, cara memilih produk habbatussauda yang bagus, hingga cara mengkonsumsinya. Semoga tulisan ini bisa diambil banyak manfaatnya bagi yang membaca.

Pada dasarnya, semua obat herbal maupun kimia memiliki efek baiknya masing-masing. Setidaknya sudah ada upaya untuk melakukan pengobatan dan pencegahan. Dan masalah sembuh atau tidaknya, itu tentu tergantung dengan niat baik dalam diri dan doa kepada Tuhan masing-masing. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.