Tips Memakai Masker Agar Tidak Berjerawat

Pada saat ini dunia kecantikan memang sudah sangat canggih, mendapatkan kulit yang bagus bukan hanya mimpi semata saja. Salah satunya adalah dengan sering menggunakan masker wajah. Tapi dengan masa pandemi seperti ini yang mewajibkan semua orang menggunakan masker di manapun dan kapanpun. Membuat pertumbuhan jerawat semakin cepat. Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana sih tips memakai masker agar tidak berjerawat.

Penasaran seperti apa caranya? Maka simaklah penjelasan tentang tutorial menggunakan masker wajah di bawah ini:

Cara Menghilangkan Jerawat Karena Masker

  1. Bersihkan dan pakai pelembab wajah

Membersihkan dan melembutkan kulit wajah setiap hari merupakan bagian yang paling penting untuk bisa menghilangkan jerawat. Membersihkan wajah secara rutin mampu membersihkan bakteri ataupun minyak yang bisa saja menumpuk sehingga menimbulkan jerawat tumbuh.

Saat mencuci wajah pastikan memakai produk kulit yang sesuai dengan kondisi kemudian pilih yang lembut serta bebas dari pewangi. Dengan memakai pelembab yang tepat pastinya akan mencegah kulit kering.

  1. Rehatkan kulit dari riasan wajah

Pada saat wajah berjerawat akan lebih baik untuk mengistirahatkan kulit dari pemakaian riasan wajah atau make up. Apalagi di bawah masker, riasan wajah ini lebih mudah membuat pori-pori tersumbat sehingga memicu tumbuhnya jerawat. Jika memang diharuskan memakai make up maka bisa memilih produk non comedogenic yang tidak akan menyumbat pori.

Hindari untuk mencoba-coba memakai produk perawatan kulit yang baru, memang kondisi kulit Anda cukup sensitif. Jika memang diharuskan memakai salisilat ataupun retinoids maka bisa memakai nyawa saat tidak memakai masker.

  1. Gunakan masker yang tepat

Cara berikutnya untuk bisa menghilangkan jerawat dikarenakan masker iyalah dengan memilih masker yang nyaman, kan bahan yang lembut serta pas di wajah. Jika menggunakan masker kain maka pilih material kain katun yang nyaman. Kemudian hindari bagian dalam yang menempel pada kulit, lalu hindari juga penggunaan jenis kain nilon, rayon dan juga polyester.

Cara Agar Tidak Jerawatan Setelah Memakai Masker

  • Jangan Pakai Masker Berulang Kali

Tips memakai masker agar tidak berjerawat ialah tidak memakai masker secara berulang kali. Biasanya hal seperti ini kerap kali dilakukan oleh orang-orang yang suka menggunakan masker kain. Masker yang sudah dipakai satu kali tentu akan terdapat banyak bakteri yang telah menempel. Bisa jadi bukan hanya jerawat saja yang timbul tapi bisa mengakibatkan penyakit lainnya.

Akan lebih baik jika membatasi pemakaian masker selama 4 jam, jadi selama 4 jam sekali harus mengganti masker jika memang Anda berada di luar ruangan.

  • Persiapkan kulit sebelum memakai masker

Sama halnya ketika mempersiapkan tubuh sebelum menggunakan pakaian, yaitu dengan cara melembabkan. Sebelum memakai masker akan lebih baik memakai pelembab wajah yang mempunyai sifat menghidrasi.

Carilah bahan-bahan pelembab dengan menggunakan aloe vera ataupun chamomile yang memiliki sifat menenangkan. Literasi ini mampu mencegah adanya iritasi dan menghindari riasan yang tebal menjadi berminyak yang pada akhirnya bisa menyumbat pori-pori.

Baca Juga : Tips Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi

Masker Yang Tidak Menyebabkan Jerawat

Sebetulnya masker apapun bisa saja menimbulkan jerawat apabila tidak menjaga kebersihan wajah. Tapi pemilihan masker juga harus diketahui dengan baik, pastikan tidak menggunakan masker yang pada bagian dalamnya langsung menyentuh wajah. Kemudian harus sering mencuci masker kain jika Anda merupakan penggunaan masker kain.

Itulah sekilas informasi tentang tips memakai masker agar tidak berjerawat. Dan pastikan Anda mengikuti tips di atas sehingga permasalahan kulit tidak timbul pada masa pandemi seperti ini.

One thought on “Tips Memakai Masker Agar Tidak Berjerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *