Tips Meningkatkan Imunitas Lansia di Masa Pandemi

Tips meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi ini cukup penting untuk diketahui. Bahwasanya, orang-orang yang rentan terkena virus corona ini adalah orang yang berusia lanjut. Terlebih lagi, pada usia 60 ke atas terjadi perubahan pada tubuh termasuk daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Jadi, tidak heran kenapa lansia lebih sering terkena penyakit. Bagi kalian yang memang sudah memasuki usia lanjut atau kalian yang memiliki keluarga lansia, diharapkan tidak perlu khawatir untuk menghadapi masa pandemi ini. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan daya tahan tubuh bagi lansia. Berikut tips meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi yang bisa diperhatikan.

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Lansia

Walaupun sudah memasuki usia lanjut, tentu penting sekali untuk mempertahankan daya tahan tubuh apalagi di masa pandemi seperti ini. Berikut beberapa hal yang bisa para lansia lakukan untuk mengembalikan imunitas tubuh mereka.

Jaga Pola Makan Sehat

Tips meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi adalah seperti menjaga pola makan lansia yang sehat. Bisa dengan meningkatkan asupan makanan, seperti lebih mengolah makanan dari tumbuh-tumbuhan dan rendah lemak ke dalam menu makanan.

Beberapa jenis makanan yang bisa membantu mempertahankan sistem imun dalam tubuh antara lain adalah sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, buah-buahan beri dan sitrus, teh hijau, serta yoghurt bisa menjadi pilihan makanan.

Selain makanan yang sehat, perlu diperhatikan juga nutrisinya sebab kekurangan nutrisi pada lansia bisa mengganggu kerja sistem imun. Maka, selain meningkatkan asupan makanan perlu juga meningkatkan asupan vitamin dan mineral seperti zat besi, asam folat, dan vitamin A, C, E, serta B6.

Mencegah Dehidrasi

Para lansia cenderung memiliki resiko mengalami dehidrasi, sebab mereka seringkali tidak merasa haus padahal tubuhnya butuh cairan. Maka penting bagi mereka untuk memperbanyak konsumsi air.

Selain membantu mengembalikan daya tahan tubuh, juga bisa meningkatkan kualitas tidur, proses pencernaan, serta energi. Kebutuhan cairan memang tidak harus selalu air mineral, bisa diganti dengan teh, jus buah, dan kuah makanan. Namun, alangkah lebih baiknya untuk mengkonsumsi air mineral.

Mengurangi Stres dan Pastikan Istirahat Cukup

Apakah kalian tahu? Stres bisa jadi dapat menurunkan respons sistem kekebalan, membuat tubuh rentan terhadap virus dan penyakit. Untuk membantu mengurangi tingkat stres, perlu untuk menjalani pola hidup sehat seperti melakukan kegiatan olahraga.

Disarankan untuk melakukan olahraga meditasi seperti yoga yang mana dapat membantu mengelola stres. Selain berolahraga, pastikan juga tubuh beristirahat dengan cukup. Itu juga termasuk upaya untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi Suplemen Herbal

Tips meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi yang selanjutnya yaitu dengan berupaya mengkonsumsi suplemen khususnya dari herbal. Sudah banyak yang membuktikan bahwa terdapat banyak jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat dalam meningkatkan imunitas untuk semua kalangan usia.

Konsumsi Herbal untuk Imunitas dari Covid

Seperti yang sudah disebut di atas, tips meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi yaitu dengan mengkonsumsi herbal. Ada banyak jenis herbal saat ini diolah menjadi komposisi ekstrak untuk obat herbal dalam meningkatkan imunitas. Beberapa diantaranya adalah kunyit, jahe, meniran, lengkuas, mengkudu, habbatussauda, daun kelor, ginseng, dan temulawak.

Yang kita ketahui, virus corona ini lebih menyerang imunitas seseorang, terlebih lagi para lansia yang memiliki daya ketahanan tubuh yang menurun. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi herbal yang bisa mengembalikan kekebalan tubuh, merupakan upaya yang bagus dalam menghadapi masa pandemi.

Manfaat Madu Habbatussauda untuk Imunitas Lansia

Campuran herbal dari habbatussauda dan madu menjadikannya kombinasi yang luar biasa dalam meningkatkan imunitas tubuh khususnya untuk para lansia. Madu dan habbatussauda yang sudah dikenal khasiatnya bisa menjadi dua bahan alami yang dipilih, sebab manfaatnya ternyata lebih efektif kalau dikombinasikan dibandingkan bila dikonsumsi terpisah.

Kandungan yang ada pada kedua herbal tersebut juga bisa mempercepat pemulihan pasien covid. Oleh karena itu ada berbagai produk herbal seperti Habbacov yang menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai komposisi dari suplemen terapi covid. Untuk alasan kenapa kombinasi keduanya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, bisa kalian baca pada artikel yang membahas Peran Penting Madu pada Habbatussauda.

Itulah beberapa cara bagaimana meningkatkan imunitas lansia di masa pandemi. Jadi tidak hanya dengan menjalani pola hidup sehat namun juga dibantu dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen herbal yang mendukung naiknya imun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.