Wah! Ternyata Ini 6 Tips Agar Kuat Berlari Jarak Jauh

Berlari mungkin olahraga yang mudah untuk dilakukan, tetapi hanya sebagian orang yang mampu berlari dalam jarak yang jauh. Bagi pelari profesional mungkin itu hal yang biasa, namun tidak unutuk pemula. Untuk yang belum terbiasa mungkin akan cepat lelah walaupun masih dalam jarak dekat, karena mereka jarang melakukan olahraga.

Sebenarnya ada tips untuk pemula agar tidak cepat lelah saat berlari. Berikut tips-tips yang dapat dialakukan :

1. Komitmen dan konsisten

Dalam berlari kita harus komitmen dan konsisten, karena jika tidak dibiasakan kita akan selalu merasa lelah. Kita harus membuat jadwal teratur untuk dapat membiasakan kondisi tubuh kita.

2. Menjaga pola makan

Asupan yang kita makan pun harus memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh agar dapat menambahkan tingkat stamina tubuh.

3. Meminum air yang cuckup

Meminum air dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan terhindar dari rusaknya sistem tubuh, karena ini dapat mengurangi stamina tubuh.

4. Mengatur pernapasan

Mengatur pernapasan dipercaya dapat meningkatkan stamina dan mengurangi stres. Kita kadang lupa mengatur napas saat berlari semakin kencang dan mengakibatkan kita mudah lelah, maka dari itu kita harus bisa mengatur fokus pernapasan saat berlari.

5. Menggunakan langkah pendek

Dengan menggunakan langkah pendek yang konstan kita akan mencapai garis finish dengan cepat dan pengaturan napas yang baik. Karena jika kita memakai langkah lebar dan panjang-panjang kita akan mudah lelah dengan napas yang tidak beraturan, walaupun mencapai garis finish jauh lebih cepat.

6. Melakukan stretching

Sebelum mulai berlari ada baiknya kita melakukan peregangan terlebih dahulu, agar otot-otot pada tubuh kita tidak tegang saat dibawa berlari dan dapat bekerja secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *